Service berkala 20.000 km pada mobil xenia all new 2015


LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN ( PKL )




                                                           JUDUL LAPORAN
SERVICE BERKALA 20.000 KM
PADA MOBIL ALL NEW XENIA TAHUN 2015


DISUSUN OLEH :
                                    NAMA   : RAHMAD EFENDI
                                    KELAS  : XI TKR A
                                    NIS       : 11549
                                   

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 BANJARMASIN
( TEKNIK KENDARAAN RINGAN  )
TAHUN PELAJARAN
2017-2018



HALAMAN PENGESAHAN
                                      SMK NEGERI 5 BANJARMASIN
                         

                      MENGETAHUI / MENYETUJUI :

KEPALA PROGRAM  STUDI                                       PEMBIMBING SEKOLAH
                OTOMOTIF                                                                                                  
         
                                                                                                                                                                                                                                                              
HARYONO.ST                                                            DRA. ROMAULI SILITONGA
            NIP:  19691222 199303 1007                               NIP:  19670517199703 2002

                                           
                                                                 KEPALA SEKOLAH
           SMK NEGERI 5 BANJARMASIN



                                                                  
                                                      DRS.SAHRIR.MM 
                                                        NIP: 19671231 199203 1050              


LEMBARAN PENGESAHAN PERUSAHAAN
 LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
SMK NEGERI 5 BANJARMASIN
PT. ASTRA INTERNASIONAL
DAIHATSU TBK
         PERIODE 16 OKTOBER 2017 – 02 FEBRUARI 2018




 

Di periksa oleh pembimbing dan telah disahkan
Pada tanggal bulan 2018

FORMAN                                               PEMBIMBING PERUSAHAAN      



RIZA PERMANA                                  SAIFI


                                              KEPALA BENGKEL

                                           YOHANES HANDY DWI



KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah memberikan  rahmat dan  karunianya .dan sehingga saya dapat menyelesaikan laporan kerja peraktek lapangan saya (PKL). Periode  16 oktober 2018 s/d  02 Februari 2018.
Dalam membuat laporan ini masih banyak kekurangan atau kesalahan. hal ini keterbatasan, kemampuan,pengetahuan, pengalaman  yang saya miliki. Oleh karena itu, saya  mengharapkan kritikan dan saran demi perbaikan kesempurnaan  laporan saya ini. Semoga apa yang saya buat dalam  laporan ini dapat di mengerti oleh semua orang dan dapat bermanfaat.
Sehubung tidak  lepasnya PKL. ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan dari secara moral dan  material.dan oleh karna itu saya sangat berterima kasih, yang sebesar besarnya kepada semua guru termasuk guru bengkel dan saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada :
1.      Bapak Drs.Syahrir,MM selaku kepala sekolah SMKN5 Banjarmasin   
2.      Bapak Haryono ,ST selaku ketua program studi T. Mek Otomotif
3.      Ibu Romauli Silitonga selaku prmbimbing PKL
4.      Bapak Yohanes Handy Dwi selaku pimpinan PT. Astra Internasional Daihatsu Tbk
5.      Bapak Alan Rifani selaku wali kelas
6.      Dan semua pihak yang telah membantu saya dan mendukung dalam membuat laporan saya ini.
Semoga kehadiran laporan saya ini, tak luput dari bimbingan dari berbagai pihak.kepada semua pihak masyarakat industri . Mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan laporan ini terima kasih.




                                                                               PENULIS
                                                                          
                                                                         RAHMAD EFENDI


               DAFTAR ISI
                                                                                                            HALAMAN
LEMBARAN JUDUL .............................................................................................  i
PENGESAHAN SEKOLAH ................................................................................... ii
PENGESAHAN INDUSTRI ................................................................................... iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................. iv
DAFTAR ISI ............................................................................................................ v
 DAFTAR GAMBAR............................................................................................... vi

BAB I PENDAHULUAN
      A.Latar belakang PKL ........................................................................................ 1
      B.Tujuan PKL...................................................................................................... 2
      C.Manfaat PKL................................................................................................... 2
      D.Waktu dan tempat pelaksanaan ...................................................................... 3
      E.Tata tertib siswa pkl ......................................................................................... 4

 BAB II GAMBARAN UMUM JADI PERUSAHAAN
       A.Sejarah Perusahaan.......................................................................................... 5
       B.peraturan perusahan ........................................................................................ 6
       C.Struktur perusahaan ........................................................................................ 7

 BAB III PEMBAHASAN
        A.Landasan Teori .............................................................................................. 9
        B.Langkah Kerja................................................................................................ 23

  BAB IV PENUTUPAN
        A.Kesimpulan. .................................................................................................. 42
        B.Saran-Saran ................................................................................................... 45
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1 Pemeriksaan tali kipas ........................................................................... 23
Gambar 3.2 Menguras oli mesin................................................................................. 23
Gambar 3.3 ganti saringan oli mesin.......................................................................... 24
Gambar 3.4 periksa cairan pendingin mesin............................................................... 25
Gambar  3.5 ganti busi............................................................................................... 25
Gambar 3.6 periksa baterai ........................................................................................ 26
Gambar 3.7 periksa saringan udara............................................................................ 26
Gambar 3.8 periksa pedal kopling.............................................................................. 27
Gambar 3.9 pedal rem dan fungsi rem parker............................................................ 28
Gambar 3.10 periksa kanvas dan tromol rem............................................................. 29
Gambar 3.11 periksa pad – pad piringan rem............................................................ 30
Gambar 3.12 periksa minyak rem............................................................................... 31
Gambar 3.13 periksa minyak power steering............................................................. 32
Gambar 3.14 periksa side slip.................................................................................... 33
Gambar 3.15 periksa ball joint dan penutup debu..................................................... 34
Gambar 3.16 periksa oli gigi differensial................................................................... 35
Gambar 3.17 periksa oli transmisi manual.................................................................. 35
Gambar 3.18 periksa kondisi ban dan tekanan udara................................................ 38
Gambar 3.19 periksa kecukupan isi cairan air conditioner/pendingin udara.............. 40

BAB I
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG PKL
 Pendidikan adalah usaha sadar dan  terencana untuk mewujudkan suasana dan proses agar secara aktif  mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan. Salah satu usaha dalam melaksanakan pendidikan adalah adanya sekolah, dan dalam hal ini adalah SMK.
Sekolah Menengah Kejuruan adalah sebuah Lembaga Pendidikan Menengah Atas, yang  memiliki kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan yang mengarah kepada keterampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan di bidang kejuruan yang bertujuan agar siswa dapat memiliki keterampilan dan keahlian untuk memasuki dunia usaha Lapangan atau dunia kerja.
Maka dari itu, setiap Sekolah Menengah Kejuruan dianjurkan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) untuk memperkenalkan siswa pada dunia kerja yang nyata, juga untuk mempersiapkan siswa  agar dapat bersaing di dunia Lapangan. Karena PKL merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
Dunia kerja yang sekarang tengah berkembang adalah dunia Lapangan di bidang otomotif seperti bidang  jasa perbaikan, dan perawatan ( servis ) pada kendaraan. Oleh karena itu, siswa siswa  lulusan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR ) di SMK sangatlah dibutuhkan oleh dunia Lapangan. Salah satu Lapangan di bidang otomotif.

                                         

 B. TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
1.      Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan kerja sesuai dengan tuntutan lapangan kerja;
2.      Dapat mengetahui perbedaan antara lingkungan Dunia Usaha/Lapangan dengan lingkungan Sekolah;
3.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas;
4.      Memberikan pengalaman dan penghargaan terhadap siswa akan pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan;
5.      Mampu untuk mengamalkan ilmu yang telah di dapat selama di bangku sekolah;
6.      Memperoleh pengalaman bekerja langsung di tempat kerja sesuai kompetensi dasar jurusan;.
                                                                                
 C. MANFAAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN
1. Manfaat Bagi Siswa
     Manfaat Praktek Kerja Lapangan bagi siswa yakni terbentuknya kemitraan selama mengikuti program Praktek Kerja Lapangan itu sendiri, sehingga menjadi modal peluang dimasa depan sebagai persiapan membangun karier dibidangnya.Selain itu juga sebagai media penyalur ide, inspirasi, dan menunjukan prestasi pada perusahaan tempat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Manfaat yang bisa didapat juga sebagai pengenalan, pemahaman, berbagai aspek suatu  perusahaan, seperti: standar kerja, budaya perusahaan, dan hal positif lainnya yang bermanfaat.

2. Manfaat Bagi Perusahaan
Manfaat Praktek Kerja Lapangan bagi  perusahaan adalah terbentuknya jaringan antara para siswa, sekolah, dan perusahaan untuk maju dan saling sinergis dengan tujuan institusi masing-masing. Serta sebagai media pertukaran  informasi dibidang teknologi dan aplikasi keilmuan antara perusahaan sebagai pengguna teknologi dengan  sekolah sebagai pengembang studi ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Manfaat Bagi Sekolah
Manfaat Praktek Kerja Lapangan bagi sekolah adalah sebagai perwujudan program keterkaitan dan kesepadanan antara sekolah dengan pihak lapangan. juga sebagai umpan balik penyempurnaan program Praktek Kerja Lapangan, sistem pembelajaran, menyelaraskan kesepadanan dengan kebutuhan pemakai / pengguna lulusan dengan sistem pembelajaran di Praktek Kerja Lapangan. Manfaat lainnya yakni sebagai bahan referensi bagi pihak sekolah untuk menelaah efektivitas program pembelajaran yang dijalankan kepada siswa.
 D. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
      Waktu pelaksanaan Bertepatan pada tanggal  16 oktober 2017 s/d 02 Februari   
        2018,  lama pelaksanaan  PKL selama 3 bulan  yang 
        Bertempatan di:
        Nama Perusahaan                       :  PT ASTRA INTERNASIONAL DAIHATSU
        Alamat                                        : JL. A Yani KM 7,4
        Kota                                            : Banjarmasin
        Telpon                                        : .......................
        Jam kerja                                    : Senin S/d  jum’at
                                                              08.15-16.00  WITA
                                                              Sabtu
                                                              08.15-16.00 WITA                                                          
 E. TATA TERTIB SISWA PKL
1.      Mematuhi segala peraturan berlaku dalam  perusahaan  atau tempat melaksanakan program PKL
2.      Berada  ditempat praktek 15 menit sebelum  praktik dimulai,berlaku sopan jujur, bertanggung  jawab, berinisiatif, kreatif  terhadap tugas- tugas  yang diberikan dalam  pkl
3.      Memberikan salam  pada waktu datang dan  memohon diri waktu akan  pulang
4.      Memberikan tahukan kepada pimpinan/pembimbing  industri jika berhalangan
hadir atau  bermaksud untuk meninggalkan  tempat praktik
5.      Mentaati peraturan dalam pengunaan peralatan dan bahan yang akan dipakai
dalam praktik
6.      Melaporkan dengan segera kepada yang berwenang bila terjadi kerusakan/kesalahan dalam  praktik
7.      Membersikan dan mengatur kembali peralatan dengan rapi seperti semula setelah melakukan  praktik
SISWA DILARANG
1.      Merokok ditempat praktik
2.      Menerima tamu  pribadi  sewaktu  melaksanak an  praktik
3.      Mempergunakan  pesawat telepon atau peralatan lainnya tanpa seijin perusahaan
4.      Pindah tempat  kegiatan  praktik kecuali atas perintah yang mengatur kegiatan praktik
  SANKSI-SANKSI
     1.Peringatan secara lisan
     2.Peringatan secara tertulis, dengan menerapkan sistem poin yang berlaku  sekolah
     3.Menambah waktu  atau mengulang praktik dengan  tidak mengganggu kegiatan
        proses belajar disekolah  apabila kehadiran praktik kurang dari 90%
      4.Dikeluarkan dari sekolah                                                                                            
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

A.    SEJARAH PERUSAHAAN ASTRA INTERNASIONAL DAIHATSU
       Daihatsu berdiri pada tanggal 1 Maret 1907 daihatsu  adalah  perusahaan  mobil Jepang tertua, yang dikenal dengan produk mobil-mobilnya yang berukuran kecil/kompak. Daihatsu  berkantor pusat di Ikeda, Profektur Osaka. Dengan alogan barunya “ we do compact “, produk-produk lamanya  yang terkenal, antara lain Taft, dihentikan  mulai 2002.
        PT. Astra Internasional Daihatsu  adalah  agen mobil tunggal pemenang merk mobil Daihatsu di Indonesia. Dan merupakan satu-satunya perusahaan yang berhak mengimpor, merakit dan membuat kendaraan bermerk Daihatsu di Indonesia. Merupakan perusahaan joint ventury anatara Daihatsu Motor Company dengan Astra Internasional yang ada sejak tahun 1978.

·         1973 : PT. AstraInternasional  mendapatkan hak untuk  mengimpor produk      Daihatsu  ke Indonesia.
·         1976 : PT. Astra Internasional ditunjuk sebagai agen tunggal kendaraan, importir dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.
·         1978 : Didirikan pabrik pengepresan plat baja, PT Astra Daihatsu Indonesia sebagai perusahaan patungan PT Astra Internasional Daihatsu  Motor Co.,Ltd dan Nichiman.
·         1983 : Didirikan pabrik mesin PT Astra Engine Manufacturing .
·         1987 : PT Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan importir kendaraan Daihatsu di Indonesia menggantikan PT Astra Internasional.
·         1992 : PT Astra Motor didirikan melalui merger 3 perusahaan, yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu  Engine Manufacturing Indonesia dan PT National Astra Motor.
·         1996 : Didirikan pabrik pengecoran alumanium di KIIC, Karawang, Jawa Barat.
·         1998 : Pembelian Pabrik perakitan dari PT Gaya Motor. Sejak saat itu ADM memiliki 4 pabrik yaitu, pabrik pengepresan plat baja, pabrik mesin, pabrik pengecoran dan pabrik perakitan.
·         2004 :  Diluncurkan Xenia dan Avanza yang merupakan produk kolaborasi antara Toyota Astra Motor  dan Astra Daihatsu  Motor.
·         2005 : Produksi Astra Daihatsu  Motor yang ke 1 juta kendaraan.
·         2006 : Meluncurkan  Rush dan Terios yang merupakan produksi kolaborasi kedua antara Toyota dan Daihatsu.
·         2007 : Peningkatan  kapasitas produksi  menjadi  211.000.00 unit per tahun sekaligus memperinganti ulang tahun Daihatsu ke 100 tahun
·         2008 : Ekspor  perdana aDaihatsu Grand  Max ke Jepang.
·         2013 : Produksi Astra Daihatsu  Motor  yang ke 3 juta kendaraan adalah Avanza dan Xenia peluncuran  kendaraan LCGC Ayla dan Agya bentuk kolaborasi ketiga Daihatsu dan Toyota.
·         2016 : Peluncuran kendaraan MPV LCGC Sigra dan Calya bentuk kolaborasi keempat Daihatsu dan Toyota, dan peluncuran  pick up kecil yaitu Daihatsu Hi-Max.


B.PERATURAN PERUSAHAAN/ KEBIJAKAN PRUSAHAAN
    1.Disiplin sikap dan waktu
    2.Melaksanakan peraturan  perundang lingkungan  hidup,kesehatan, keselamatan
       Dengan cara ikut berperan aktif dalam  melaksanakan  LK3 secara terorganisasi
       Dan terus-menerus
    3.Mengutamakan keselamatan  kerja dan kesehatan kerja
    4.Menyelesaikan tugas sehari-hari secara konsisten sesuai dengan tugas dan
       tanggung  jawabnya, agar tidak menimbulkan  penyakit akibat kerja serta
       kecelakaan kerja
    5.Ikut memelihara keseimbanagan ekosistem dan kelestarian lingkugan
    6.Menempatkan  membuang limbah hasil proses kerja pada tempatnya , agar kita
       mampu  mencegah dan  menanggulangi  pencemaran lingkungan
·         VISI Perusahaan
Menjadi dialer  Daihatsu terbaik di seluruh kota dan kabupaten
·         MISI Perusahaan
                    Memberikan  pelayanan yang terbaik bagi pelanggan


BAB III
PEMBAHASAN

A.    LANDASAN TEORI

SERVICE BERKALA
Service berkala adalah ....
Dalam hal perawatan kendaraan dikenal juga yang dinamakan service berkala,
Service berkala adalah suatu kegiatan service yang dilakukan secara berkala dan sudah ter-jadwal-kan dalam suatu kurun waktu yang relatif cukup lama atau setelah melewati beberapa kali melakukan service rutin.
Service berkala perlu sekali dilakukan walaupun kendaraan masih dalam keadaan fit, dan seakan-akan tidak ada masalah.
Karena tujuan dilakukan service berkala adalah untuk mengganti beberapa atau sebagian komponen penting kendaraan yang sudah waktunya diganti, sebelum terjadi kerusakan lain yang mungkin juga bisa berakibat fatal pada mesin kendaraan.
Dalam melakukan service berkala biasanya juga di ukur dengan jumlah jarak tempuh atau kilometer yang sudah dilaluinya.
Jumlah jarak tempuh yang diperlukan kendaraan untuk dilakukannya service berkala tidak selalu sama pada tiap kendaraan, hal ini dipengaruhi oleh karakter mesin kendaraan  itu sendiri, jenis dan kualitas komponen yang digunakan, serta desain mesin.
Akan tetapi jenis komponen yang harus diganti pada saat melakukan service berkala pada dasarnya hampir sama pada tiap kendaraan, karena pada dasarnya hampir semua mesin mobil memiliki cara kerja yang sama. Adapun perbedaannya  hanya terletak pada modifikasi dan inovasi tiap merk saja yang berlainan, tapi itu hanya sebagian kecil saja, dalam arti tidak ada perubahan pada prinsip dasar kerja mesin.

 Manfaat servis berkala
Berikut ini adalah manfaat yang Anda dapatkan apabila kendaraan Anda dilakukan perawatan berkala secara teratur :
1. Kondisi kendaraan akan selalu dalam performa maksimal
Seiring pemakaian kendaraan, ada komponen dari kendaraan yang mengalami perubahan dan keausan. Seperti misalnya kampas rem yang semakin tipis, busi menjadi aus, saringan udara menjadi kotor dan sebagainya. Pada saat dilakukan perawatan berkala, maka komponen tersebut dibersihkan, atau dilakukan penyetelan. Jika ada part yang sekiranya sudah tidak bisa dipakai akan dilakukan penggantian. Dengan demikian performa kendaraan akan selalu dalam titik maksimal.
2. Berkendara menjadi lebih nyaman dan aman
Dengan dilakukannya perawatan berkala secara rutin, maka dapat diketahui kondisi kendaraan yang sebenarnya secara menyeluruh. Hal ini penting karena pada kendaraan terdapat berbagai sistem yang saling terkait. Misalnya jika diketahui sistem rem bekerja dengan baik, maka Anda tidak was-was dalam mengendarai kendaraan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman sampai tempat tujuan.
3.Mengurangi pembebanan biaya yang lebih besar
Saat servis berkala, dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh
 mengenai kondisi kendaraan. Apabila ditemukan ada komponen yang sudah  rusak dan harus segera dilakukan penggantian, maka biasanya pihak bengkel akan  memberikan informasi dan permintaan persetujuan. Hal ini adalah deteksi awal sebelum kerusakan menjadi lebih besar dan lebih banyak. Dengan mengetahui kondisi tersebut, maka Anda bisa mengatur pengeluaran terkait penggantian komponen yang rusak.
4. Mengurangi resiko kendaraan tiba-tiba mogok diperjalanan
Ketika kendaraan
 tiba-tiba mogok saat perjalanan  merupakan hal yang tidak diinginkan. Hal ini akan  lebih susah jika kita tidak mengetahui sistem di kendaraan. Ada banyak hal yang menyebabkan kendaraan tiba-tiba tidak bisa dijalankan. Seperti kondisi aki sudah lemah, sistem pengisian tidak normal, plat kopling sudah habis, aliran bahan bakar tidak lancar dan sebagainya. Apabila kendaraan dilakukan perawatan berkala, maka hal-hal tersebut diatas dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok dapat dikurangi.
5. Umur kendaraan menjadi lebih lama
Apabila kendaraan dirawat secara rutin, maka resiko akan adanya kerusakan
 yang lebih besar dapat dikurangi. Hal ini menjadikan umur kendaraan menjadi lebih lama.
6. Bagi kendaraan  baru merupakan syarat  mutlak untuk mendapatkan claim warranty
Secara umum, bagi pemilik kendaraan baru, apabila masih dalam
 masa warranty ditemukan  kerusakan pada kendaraan, maka pihak dealer akan  melakukan penggantian part secara gratis baik part maupun jasa. Tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan agar claimnya bisa diterima. Misalnya tidak melakukan modifikasi pada kendaraan, penggunaan kendaraan normal dan harus melakukan servis rutin di bengkel yang ditunjuk oleh dealer. Adapun syarat diterimanya warranty dan lama periode kendaraan tersebut dijamin waranty berbeda-beda tergantung merk dan produsen kendaraan. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke dealer tempat anda membeli kendaraan tersebut.
7. Mematuhi persyaratan  peraturan yang berlaku
Secara umum, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan untuk bisa mengemudikan
 kendaraan dijalan umum. Seperti misalnya untuk menekan tingkat polusi di suatu kota, ada aturan yang mewajibkan pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi baik di dealer yang ditunjuk maupun di instansi pemerintah. Apabila kendaraan tidak dilakukan perawatan yang teratur,  pasti akan sulit memenuhi aturan tersebut.

 Langkah-langkah service berkala pada kendaraan xenia all new adalah sbb :
            1.Pemeriksaan tali kipas ( Standar Defleksi : 7-11 mm)
2.Ganti oli mesin (API service berkode SM  10W-4 Castrol Magnatec)
3.Ganti saringan oli mesin ( Sakura Part number : 15601-BZ010-001 )
4.Periksa cairan pendingin mesin
5.Ganti busi-busi (standar busi DensoXU22PR9 celah 0.8-0.9 mm)
6.Periksa baterai
7.Periksaa saringan pembersih udara ( standar Sakura kode A-3312 )
8.Periksa pedal kopling ( standar jarak bebas berkisar 15-25 mm )
9.Periksa pedal rem dan fungsi rem parkir (jarak pedal dari lantai 6. 150,9 mm)
10.Periksa  kanvas dan tromol rem
11.Periksa pad-pad dan  piringan rem
12.Periksa minyak rem ( standar astra Daihatsu DOT-3 )
13.Periksa minyak power steering 
14. Periksa boot drive shaft
15.Periksa side slip
16.Periksa ball joint dan penutup debu
17.Periksa oli gigi differensial ( standar kekentalan 80-90 W )
18.Periksa oli transmisi manual ( standar kekentalan 80-90 W )
19.Periksa kondisi ban-ban dan tekanan pemompanya (termasuk ban serap)
20.Rotasi dan balance
21.Periksa lampu-lampu,klakson,penghapus dan pembasuh kaca depan
22.Periksa kecukupan isi cairan air condititoner atau pendingin udara

 


1.Periksa semua tali kipas
         Menyetel defleksi Van Belt :
·        Siapkan Spring Scale dan penggaris
·        Pasang vanbelt pada puli
·        Letakkan ujung penggaris pada sisi van belt
·        Tarik van belt menggunakan spring scale dengan tekanan 10 kg
·        Baca defleksi van belt pada penggaris ( Standar Defleksi : 7-11 mm)
·        Apabila kurang atau  lebih, maka setel dengan menggerakkan alternator keatas atau kebawah, seteleh selesai kencangkan kembali alternator               
2.Ganti oli mesin
Oli mesin Xenia memerlukan 3 liter oli setiap pengggantian oli servis dan jika filter oli juga diganti olinya jadi 3,5 liter . Dan pada xenia all new spek olinya memakai API service berkode SM  10W-40  memakai Castrol Magnatec,  Mengganti oli mesin kurang lebi h 6 bulan dari pertama servis





3. Ganti saringan oli mesin
·         Filter oli Xenia / Avanza  :
·         Sakura
·         made in Indonesia
·         Part number : 15601-BZ010-001
·         Cocok untuk  xenia, Avanza, Terios, Rush .gran max,luxio Agya dan ayla





4.Periksa cairan pendingin mesin

Buka tutup radiator yang terdapat di atas radiator lalu buang sedikit airnya dengan membuka baut pembuangan yang berada di bagian bawah. Buang air radiator sekitar 300 ml. Kencangkan  baut pembuangan tadi lalu tuangkan radiator flush melalui lubang masuk dibagian atas. Pasang tutup radiator dan hidupkan mesin kurang lebih 10 menit. Hal ini bertujuan agar saluran pendingin radiator bersih.
 jika katup radiator diberi tekanan tertentu  maka dia harus segera membuka. Lihat berapa tekanan yang tertulis pada tutup radiator, misal saja 0,9 bar. Maka di tekanan 0,9 bar ini katup tekan  pada tutup radiator harus membuka, ciri membuka adalah tekanan  akan turun dengan sendirinya pada tekanan 0.9.

5.Ganti busi-busi  
Meskipun terindikasi cuma satu busi yang rusak, lebih baik mengganti semua busi. Mesin ini menggunakan busi Denso XU22PR9 . Supaya tidak salah beli busi, bawa busi lama ke toko sparepart. Terakhir saya beli untuk merk Denso satu harganya 22,5 ribu, berarti total empat harganya 90 ribu. Perhatikan gap elektroda busi, anjuran pabrik adalah 0.8-0.9 mm. Busi baru bisa langsung dipasang, jangan sampai jatuh, semisal jatuh harus dipastikan jarak gap elektroda.






6.Periksa baterai





·         Bandingkan ketinggian cairan di setiap sel. Dengan melihat ke dalam lubang angin, Anda dapat melihat ketinggian elektrolit masing-masing sel. Setiap sel seharusnya memiliki jumlah cairan yang sama


7.Periksa saringan pembersih udara
·         Lepas filter dari tempatnya
·         Lakukan  penyemprotan  dengan udara yang bertekaan rendah
·         Periksa kondisi filter udara
·         Usah kan bersihkan tempat filter udara dari kotoran dan debu
Pasang kembali filter padah wadah

8.periksa tinggi pedal kopling

Free Play atau jarak bebas adalah jarak pedal kopling tidak bermain ketika di tekan dari atas. Ketinggian jarak bebas ini normalnya berkisar 15-25 mm (1,5-2,5 cm), cara mengukurnya yaitu dengan menekan dengan lembut pedal kopling dengan menggunakan jari tangan sampai adanya terasa sedikit tahanan, itulah yang dinamakan jarak bebas atau free play.







9.Periksa pedal rem dan fungsi rem parkir
Ketinggian pedal rem dari lantai:
6. 150,9 mm (15,090 cm.)
Kencangkan kunci mur clevis.Momen: 26 N*m{ 265 kgf*cm , 19 ft.*lbf
Periksa ketinggian pedal rem
Ketinggian pedal rem dari lantai:
150,9 mm (15,090 cm.)
Bila ketinggian pedal tidak benar, setel pedal





10. periksa kanvas dan  tromol rem






Kampas rem belakang Original Corolla Twincam, Great, All New
AE92, AE101, AE111,112 tahun 1988 - 2000                           
      
    UKUR PELAPIS SEPATU REM (KAMPAS REM)
Ketebalan minimum : 1,0 mm (0,039 in).
Ketebalan standar : 6,0 mm (0,236 in).
      UKUR DIAMETER DALAM TROMOL REM
Diameter maksimum : 230,6 mm (9,079 in).
Diameter standar : 228,6 mm (9,000 in).
Bila tromol rem tergores atau aus, tromol rem dibubut sampai pada batas diameter maksimum.
Hasil : Ketebalan kampas dan diameter tromol masih dalam kondisi Standar/baik





11. Periksa pad-pad dan piringan rem
Kanvas Rem Depan Original
Xenia F600, F601,02, F651,52 tahun 2004-2014
Rush F700 tahun 2006-2014
04465-BZ010





Bersihkan permukaan rotor piringan dengan menggunakan kain lap. 
Ukur tebal rotor piringan. Jika kurang dari minimum, rotor harus diganti baru



12.Periksa minyak rem
Pastikan bahwa Anda memang membutuhkan tambahan minyak rem sebelum melanjutkan proses ini. Kebanyakan wadah minyak rem seharusnya memiliki tanda garis “minimum” dan “maximum





13.periksa minyak power steering




14 .periksa ball joint dan penutup debu






Sealed" Ball Joint tidak memerlukan pelumasan tetapi ball joint standar harus dilumasi dari waktu ke waktu. Pemeriksaan ball joint standar minimal dilakukan setahun sekali. Meskipun tidak ada usia yang tepat, ball joint bisa rusak saat mencapai 80.000 mil.

15. Periksa oli gigi differensial
Beda dengan transmisi otomatis xenia yang tidak membutuhkan  perawatan, transmisi manual xenia membutuhkan penggantian oli transmisi tiap 40 ribu kilometer, termasuk dengan penggantian oli gardan.
Konstruksi yang sederhana seperti transmisi manual 
mobil lain pada umumnya, berimbas pada biaya perawatan yang juga lebih murah. kapasitas total oli transmisi yang dibutuhkan hanya mencapai 2,5 liter, tapi tetap harus membeli oli sebanyak 3 liter tentunya.
Begitu juga dengan oli gardan yang berkapasitas 2,5 liter. Apalagi rekomendasi minimum cuma mensyaratkan oli dengan SAE 80W90 untuk transmisi, dan SAE 90 untuk gardan yang membutuhkan oli dengan spesifikasi lebih kental. 

 B.LANGKAH KERJA     

   1. PEMERIKSAAN SEMUA TALI KIPAS

Periksa kondisi belt , terutama pada daerah yang kontak langsung dengan pulley.

              

Gambar 3.1 pemeriksaan tali kipas
Periksa ketegangan belt yang tertera pada buku pedoman pemilik. Jika kebetulan  mobil montir mania tidak memilikinya, maka cara pemeriksaannya cukup mudah.

    2.GANTI OLI MESIN

       

Buka lah baut ini dengan kunci ring atau kunci sok putar lah baut berlawanan dengan jarum jam
  
                    

                Gambar 3.2 menguras oli mesin
Jika Anda tidak bisa mengetahui yang mana bak oli dan bak transmisi, coba nyalakan mesin selama lima sampai sepuluh menit. Baut penutup oli akan terasa panas. Bak transmisi tidak akan terasa panas


  3.GANTI SARINGAN OLI  MESIN
Temukan posisi saringan oli  
Saringan oli mobil xenia berada pada samping mesin,
                    

Gambar 3.3 mengganti oil filter mesin                        
  4.PERIKSA CAIRAN  PENDINGIN MESIN
        Pemeriksaan air radiator meliputi pemeriksaan kapasitas dan kualitas
        air, pemeriksaan terhadap endapan  karat atau kotoran di sekitar tutup radiator
        atau lubang pengisian radiator.air radiator pun tidak boleh menggandung
       minyak plumas dan kapasitas radiator



Gambar 3.4 periksa cairan pendingin mesin


  5.PERIKSA BUSI BUSI
Lepas kotak filter udara di atas mesin dan ada 3 baut penahan kotak
Lalu  lepas baut yg menempel pada plug  busi dan lepas soket  kabel pada plug satu  persatu  lalu ratik plug busi ,kemudian buka busi dengan kunci busi
                       

                              Gambar 3.5 periksa busi
Periksalah keadaan busi lama terlihat ada tiga busi yang  terlihat kepala busi sempit,  karna  tidak mampu  membakar semua bahan bakar yang masuk dan lebih baik mennggti semua busi, lalu perhatikan elektroda busi,anjuran  pabrik adalah  0,8-0,9 mm.
  
6.PERIKSA BATERAI
Periksa kondisi kotak baterai
Periksa kebersihan baterai dan  terminal baterai
Periksa tegangan baterai
Tutup baterai dan  saluran ventilasi


                                      Gambar 3.6 periksa baterai
 7.PERIKSA SARINGAN PEMBERSIH UDARA
Lepas filter dari tempatnya
Lakukan  penyemprotan  dengan udara yang bertekan rendah
Periksa kondisi filter udara                                          
Usah kan bersihkan tempat filter udara dari kotoran dan debu
Pasang kembali filter pada wadah                          


Gambar 3.7 periksa saringan pembersih udara 



8.PERIKSA PEDAL KOPLING
Lakukan pengukurn untuk memastikan bahwa jarak dari permukaan atas bantalan pedal (pedal pad) ke firewall adalah nilai standard. Ketinggian pedal kopling dapat dibaca pada manual service mobil         
                                                  
 
                      Gambar 3.8 periksa pedal kopling

Kendorkan mur pengunci (lock nut) master cylinder push rod dari kopling (2). Putar push rod (1) dengan tangan untuk menyetel ketinggian pedal kopling (H) sesuai spesifikasi.
         Setelah penyetelan, kencangkan mur pengunci (lock nut)(2)
Putar baut penghenti (stopper) (3) sampai baut penghenti (stopper)(3) tepat menyentuh legan pedal kopling. Setel baut penghenti  (3) dengan mengeluarkannya setengah putaran dan ukurlah celah (L) antara lengan pedal kopling dan baut penghenti (stopper) kopling (3). Kuncilah mur pengunci (lock nut)(4)
                             



     9.PERIKSA PEDAL REM DAN FUNGSI REM PARKIR
Ukur tinggi pedal rem                       
Ukur jarak antara bagian atas pedal dan lantai, menggunakan pengaris
Biasanya tinggi pedal rem tidak berubah secara drastis. Lakukan penyetelan menurut prosedur dibawah ini.
Stel tinggi pedal.
                        

Gambar 3.9 periksaa pedal rem dsn fungsi rem parkir

        2.Pada dasarnya sama untuk tipe rem parkir roda belakang dan  tife center brake
          . Tuas rem parkir ditempatkan berdekatan dengan  tempat duduk pengemudi
    
                        

   10.PERIKSA KANVAS DAN TROMOL
·         Kanvas 
               Bila ketebalan kampas kurang dari nilai minimum atau terlihat tanda   





   10.PERIKSA KANVAS DAN TROMOL
·         Kanvas 
               Bila ketebalan kampas kurang dari nilai minimum atau terlihat tanda   
               keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.
               Ketebalan minimum : 1,0 mm (0,039 in).
               Ketebalan standar : 6,0 mm (0,236 in).

                            

                 Gambar 3.10 periksa kampas dan tromol

·          Tromol rem
                        Diameter maksimum : 230,6 mm (9,079 in).
                        Diameter standar : 228,6 mm (9,000 in).
       Bila tromol rem tergores atau aus, tromol rem dibubut sampai pada batas diameter  
       maksimum.






   11.PERIKSA PAD-PAD DAN PIRINGAN REM
           
                     



            Gambar 3.11 pad-pad dan piringan rem
·         Buka baut kaliper
·        Tarik kaliper dan balikkan ke atas kemudian masukkan baut yang telah lepas ke dalam plat penahan agar kaliper tidak terjatuh
·         Lalu lihat lah pad-pad nya bila pad nya terlihat tipis
·         Alangkah baiknya diganti saja



·         Bahan kampas terlalau  keras

·         Kampas rem habis tetep di paksa
·         Keliper rem macet
·         Menginjak pedal rem saat macet                               
                                                   
                            
 12.PERIKSA MINYAK  REM
·         Buka kap mesin
·         Pasang vender cover
·         Cari lah master silinder
·         Periksa cairan pada tabung itu
·         Tambahkan cairan  jika perlu
            

         
Gambar 3.12 periksa minyak rem          


13.PERIKSA MINYAK POWER STEERING 
·         Cari tabung oli power steering
·         Periksa ketinggian oli power steering
·         Periksa sedalam apa dipstick tekanan oli
·         Periksa warna oli
·         Tambahkan oli power steering  seperlunya sesuai kondisi mobil anda, sesuai yang ada pada batas dipstick
·         Pasang tutup oli power steering




Gambar 3.13 periksa minyak power steering


  14.PERIKSA RODA KEMUDI
a.       Kemudi berat
            1.Periksa tekanan ban
            2.Periksa steering systemnya (tinggi minyak, steering linkage, steering gear)
            3.Periksa ball join atau  king  pin
            4.Periksa suspension arm
            5.periksa tinggi kendaraan
            6.periksa wheel aliggment
            7.dilihat dari mobilnya
        15.PERIKSA SIDE SLIP
 Side silp adalah jumlah selipnya roda depan (kiri dan kanan) ke arah  samping saat kendaraan berjalan lurus.Side slip diukur dengan side slip tester pada saat kendaraan bergerak lurus dan perlahan.Side slip dinyatakan mm/m,umumnya besar side silp adalah 0-3 mm.Tujuan  mengukur side slip adalah untuk menilai wheel alignment secarah keseluruhan,dan terjadinya side silp terutama disebabkan oleh camber atau toe  in.



                          
Gambar  3.14 periksa side slip



16.PERIKSA BALL JOINT DAN PENUTUP DEBU
          Cara mengetahui dan mengecek apakah ball joint mobil masih layak pakai
          ataukah tidak caranya adalah sebagai berikut :
                                                                                
       

Gambar 3.15 periksaa ball joint dan penutup debu

Pertama silahkan anda dongkrak roda depan  kendaraan,  pasang  jackstand  kemudian turunkan dongkraknya.Pegang sisi sisi roda pada bagian atas dan bagian bawah, kemudian  goncang-goncangkan roda tersebut ke arah luar dan dalam, bila terdapat bunyi atau adanyaspasi atau roda tersebut goyang, cobalah meminta bantuan teman untuk menginjak pedal rem mobil dan ulangi pengecekan dengan cara yang sama.
Bila setelah di injak rem dan dilakukan  pengecekan ulang ternyata kocak nyahilang bisa dipastikan bahwa yang rusak hanyalah bearing rodanya. Namun jika baik rem di injak maupun tidak dan dilakukan pengecekan ternyata hasilnya samasudah bisa dipastikan ball joint telah mengalami kerusakan dan harus sebaiknya dilakukan penggantian.

 17.PEMERIKSAAN OLI GIGI DIFFERENSIAL
               Oli gardan dan transmsi pasti bagus, tapi tingkat kekentalanya yang berbeda jadi tetap butuh penggantiaan
               Cara pengecekan  masukan jari kelubang transmisi /gardan  ketika jarimu Masih nyentuh oli barti olinya masih di level up, kemudian cek warna dan kekentalanya.

Gambar  3.16 periksa oli gigi differensial


18.PERIKSA OLI TRANSMISI MANUAL.

  1. Siapkan kunci no. 10.  Kunci T bergagang panjang lebih mudah kita gunakan. Juga obeng min untuk  bantuan.
  2. Perhatikan posisi gigi nanas speedo meter.


Gambar 3.17 periksa oli transmisi
  1. Lepas baut dengan menggunakan kunci no. 10.



  1. Congkel pelan-pelan dengan obeng min, bagian baut yang dilepas tadi. Sambil mencongkel, . 
  2. Kemudian lanjutkan dengan memutar ke kiri ke kanan sambil ditarik ke atas.
  3. Nah, gigi nanas sudah tercabut. 
  4. Lap gigi nanas dengan kain bersih. Lalu celupkan lagi.
  5. Angkat lagi dan periksa ketinggian oli. Batas atas (maksimum) oli adalah gigi nanas bagian leher atas.



1.      Untuk oli transmisi, gunakanlah oli SAE 80-90. Bisa menggunakan merk Pertamina (Rored), maupun merk lainnya sesuai dengan selera.





                   Kapasitas oli transmisi sesuai dengan manual booknya  adalah 2.5  liter.         

  19.PERIKSA KONDISI BAN-BAN DAN TEKANAN PEMOMPANYA
1.      Memeriksa tekanan ban pada mobil dan menyesuaikan tekanannya dengan rekomendasi dari pabrikan  mobil. Pada umumnya ukuran tekanan ban yang dianjurkan oleh pabrik tertera di buku manual atau di bagian pintu mobil.
2.      Lakukan pemeriksaan  ketebalan ban kendaraan. Normalnya ketebalan ban minimum mencapai 1,6 mm. Cara memastikannya, gunakan koin dan masukkan ke dalam garis ban. Apabila koin tersebut masuk maka kedalaman tapak ban masih baik.
3.      Periksa ban secara keseluruhan  meliputi ada atau  tidaknya benjolan, apakah ada kawat ban yang keluar, begitu seterusnya hingga dipastikan ban tersebut masih   layak digunakan



Gambar 3.18 periksa kondisi ban dan tekanannya

 20.ROTASI BAN DAN BALANCE

a.       Tergantung pada pemilik mobilnya
b.      Bila ada keluhan seperti stir mereng kanan atau kiri  

 21.PEMERIKSAAN SEMUA LAMPU-LAMPU, KLAKSON, PENGHAPUS
         DAN PEMBASUH KACA DEPAN
a.       Langkah pemeriksa lampu-lampu
Apa bila bohlam lampu dalam  keadaan baik, namun saat di fungsikan  tidak menyalal, ada kemungkinan terjadi kerusakan terjadi pada sekring yang berhubungan dengan lampuny

b.      Langkah pemeriksaan klakson
Tekan tombol klakson  perhatikan baik-baik bunyi yang ditimbulkan  bunyi yang tidak normal menunjukan adanya kerusakan pada klakson
c.       Penghapus dan pembasuh kaca
1)        berikan pelumasan secara rutin di setiap sendi-sendi wiper, hal ini untuk    menjaga agar wiper mobil mudah di gunakan
2)        pembersihan wiper mobil ada alangkah baiknya dilakukan secara berhati-hati  terutama pada karetnya
3)        lakukan perggantian karet wiper jika karet wiper mulai rusak atau keras, ini untuk menjaga supaya kaca agar tetap mulus
 
22.PERIKSALAH KECUKUPAN CAIRAN AIR CONDITIONER ATAU
        PENDINGIN UDARA
a.       Langkah pengisian
Bila terlihat air conditioner kurang isi lah ikuti cara-cara di bawa ibi
1)        Sebelum memasang selang, putarlah handle berlawanan arah jarum jam sampai jarum katupnya tertarik penuh.
2)        Putarlah disc berlawanan arah jarum jam, sampai posisi habis.
3)        Hubungkan selang warna hijau ke tabung refrigerant.
4)        Putarlah disch searah jarum jam dengan tangan.
5)        Putarlah handle searah jarum jam untuk membuat lubang, dan putarlah kembali berlawanan arah  jarum jam agar gas dapat mengalir ke selang.
6)        Tekanlah niple no 4 pada manifold gauge dengan jari tangan sampai udara keluar dari selang tengah.
7)        Bila udara sudah keluar ( ditandai dengan  keluarnya refrigerant ) tutuplah  niple no 4 dengan tutup niple.

Gambar 3.19 periksa kecukupan cairan air conditioner atau pendingin


·         Pengisian Refrigerant dalam bentuk cair

1)      Balikkanlah  tabung  refrigerant menghadap kebawah agar isi refrigerant yang keluar dalam bentuk cair.
2)      Buka katup tekanan tinggi.
3)      Periksalah kaca pengintai sampai aliran refrigerant berhenti mengalir dan tutuplah keran.
4)      Amati kedua pengukur, tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Keduanya harus menunjukkan tekanan yang sama.
                 
·         Pengisian Lanjutan :
1)      Baliklah tabung refrigerant menghadap keatas agar isi refrigerant keluar dalam bentuk gas.
2)      Hidupkan mesin dan biarkan beberapa menit untuk pemanasan.
3)      Hidupkan switch AC, dan amati pengukur tekanan manifold gauge tanda merah harus terlihat pada tekanan tinggi dan tanda biru pada tekanan rendah tetapi tidak vakum.
4)      Buka sedikit demi sedikit katup manifold gauge warna biru. (besar kecilnya  pembukaan akan mempengaruhi jumlah refrigerant yang mengalir dalam sistem.
5)      Amati gelas pantau dan bila jumlah  gelembung menjadi semakin sedikit dan lembut menunjukkan bahwa pengisian sudah cukup.
6)      Tutup katup manifold gauge, dan baca pengukur tekanan rendah 1,5 – 2,0 kg/cm2 dan tekanan tinggi 14,5 – 15 kg/cm2

           

    BAB IV
PENUTUP

 A.KESIMPULAN
      Setelah dilaksanakan praktik kerja lepangan semlama kurang lebih 4 bulan banyak sekali hal yang telah penulis dapatkan. Program praktik kerja  lapangan dilaksanakan  sekolah adalah merupakan salah 1 bentuk kerja sama antara   sekolah dengan dunia usaha / lapangan dalam r angka pelaksanaan pendidikan sestem ganda yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Setelah beberapa bulan  melakukan  Praktik kerja lapangan dapat penulis simpulkan hal-hal sebagai berikut :

1.      Praktik kerja lapangan memberikan tambahan pengalaman yang sangat berarti bagi para siswa
2.      Praktik kerja lapangan dapat meningkatkan kemampuan kerja, inovasi kerja, inisiatif kerja, keativitas, produktifitas yang berkualitas dalam kerajinan maupun dalam bekerja
3.      Pendidikan  kejuruan memegang peran yang sangat penting sekali dalam proses peningkatan kualitas
4.      Setiap pelaksanaan  praktik di dunia usaha kita harus  melaksanakan tata tertib dan ketentuan-ketentuan yang berlaku pada perusahaan tersebut.
5.      Dalam bekerja kita harus mementingkan keselamatan kerja baik itu keselamatan atau  alat maupun keselamatan dalam bekerja yang dilakukan.
6.      Usahakan setiap pemasangan harus dalam keadaan bersih dan rapi.
7.      Pembongkaran dan pemasangan harus dilakukan sesuai dengan urutan dari petunjuk pembongkaran dan pemasangan
8.      Selalu melakukan pemeriksaan secara berkala semua tali kipas, terutama pada daerah yang kontak langsung denga pulley.
  9..ganti oli mesin, buka lah baut ini dengan kunci ring atau kunci sok putar lah baut berlawanan dengan jarum jam
  10.ganti saringan oli mesin, posisi saringan oli  bisa saja tidak sama dengan posisi baut oli,  mungkin saja   saringan olinya  di depan di belakang atau di samping dari mesin, tergantung dari jenis mobilnya mobilnya
   11.Periksa Cairan  Pendingin Mesin, air radiator meliputi pemeriksaan kapasitas dan kualitas air, pemeriksaan terhadap endapan karat atau kotoran di sekitar tutup radiator atau lubang pengisian radiator. Air radiator pun tidak boleh menggand minyak plumas dan kapasitas radiator

  12.Periksa busi busi, lepas kotak filter udara di atas mesin dan ada 3 baut penahan kotak, lalu  lepas baut yg menempel pada plug  busi dan leepas soket  kabel pada  plug satu  persatu lalau ratik plug busi, kemudian buka busi dengan kunci busi

 13.Periksa Baterai, periksa kondisi kotak baterai, periksa kebersihan baterai dan  terminal baterai, periksa tegangan baterai , tutup baterai dan  saluran ventilasi


14.Periksa Saringan Pembersih Udara, lepas filter dari tempatnya, lakukan  penyemprotan  dengan udara yang bertekaan  rendah, periksa kondisi filter udara, usah kan bersihkan tempat filter udara dari kotoran dan debu, pasang kembali filter padah wadah
 15.Periksa Pedal Kopling , lakukan pengukuran untuk memastikan bahwa jarak dari permukaan atas bantalan pedal (pedal pad) ke firewall adalah nilai standard. Ketinggian pedal kopling dapat dibaca pada manual service mobil

16.Periksa pedal rem dan fungsi rem parkir, ukur tinggi pedal rem, ukur jarak antara bagian atas pedal dan  lantai, menggunakan pengaris, biasanya tinggi pedal rem tidak berubah secara drastis. Lakukan penyetelan menurut prosedur dibawah ini, stel tinggi pedal.
  17.Periksa Kanvas Dan Tromol, Periksa kamvas rem depan, Lepas  kamavas rem dari dudukannya lalu  amplas lah permukaan kampas remnya menggunakan amplas kasar dan gunakan pembersih karbon yang khusus untuk rem
  18.Periksa Pad-Pad Dan Piringan Rem, Buka baut kaliper, Tarik kaliper dan balikkan  ke atas kemudian masukkan baut yang telah lepas ke dalam plat penahan agar kaliper tidak terjatuh, lalu lihat lah pad-pad nya bila pad nya terlihat tipis, alangkah baiknya diganti saja
   19.Periksa Minyak  Rem, buka kap mesin, pasang vender mobil, cari lah master silinder, periksa cairan pada tabung itu
  20.Periksa Minyak Power Steering, Cari tabung oli power steering, Periksa ketinggian oli power steering,Periksa sedalam apa dipstick tekanan oli
 21.Periksa Roda Kemudi berat, Periksa tekanan ban ,Periksa steering systemnya (tinggi minyak, steering linkage, steering gear)
      22.Periksa Side Slip jumlah selipnya roda depan (kiri dan kanan) ke arah samping saat kendaraan berjalan lurus.Side slip diukur dengan side slip tester pada saat  kendaraan bergerak lurus dan perlahan.
   23.Periksa Ball Joint, Cara mengetahui dan mengecek apakah ball joint mobil masih layak pakai ataukah tidak

   24.Periksa Oli Transmisi Manual, lebih mudah kita gunakan. Juga obeng min untuk  bantuan. Perhatikan posisi gigi nanas speedo meter.
           
   24.Periksa Kondisi Ban-Ban Dan Tekanan Pemompanya, tekanan ban pada mobil dan menyesuaikan tekanannya dengan rekomendasi dari pabrikan mobil. Pada umumnya ukuran tekanan ban yang dianjurkan oleh pabrik tertera di buku manual atau di bagian pintu mobil.

B.SARAN-SARAN     
Tidak mengalami dalam pembuatan laporan ini penulis memberikan saran-saran yang mungkin
     bisa bermaanfaat bagi semua pihak yang  berkaitan dalam praktik kerja lapangan ini
      yaitu :
 1.Untuk siswa
a.       siswa sebaiknya selalu rajin dan disiplin kerja pada praktik kerjaa lapangan
b.      .siswa sebaiknya selalu mentaati  peraturan  dan tata tertib yang  telah
dibuat/ditentukan oleh perusahaan
c.       siswa hendaknya dapat menguasai salah satu bidang  keahlian agar supaya dapat bersaing dengan yang lain  
d.      biasakan bersifat jujur dan hati-hati dalam  bekerja utamakan  keselamtan kerja
2.Untuk sekolah
a.       Praktik kerja lepangan mohon tetap dilaksanakan  tiap tahun untuk menunjang pendidkan sistem ganda
b.      Guru pembimbing usahakan lebih sering megunjungi siswa  yang PKL agar
siswa dapat konsultasi  atas berbagai masalah  yang telah ditemukannya
c.       Praktik di sekolahan agar diupayakan lebih banyak dari  pada teori supaya pada saat praktik di dunia usaha/industri tidak kesulitan.
3.  untuk dunia industri
      a. industri sebaiknya dapat menerima siswa magang
      b. industri sebaiknya dapat memberikan yang terbaik kepada siswa magang


Daftar Pustaka
Daryanto 2004. “ Teknik pemeliharaan mobil, pemeriksaan, dan perbaikan”, Penerbit : PT. Bumi Aksara Jakarta.
Service division,1974, dasar-dasar automobil, penerbit : PT Daihatsu-Astra Motor, Jakarta.
Toyota Astra Motor, 2003, NEW STEP TRAINING MANUAL, Toyota Astra Motor, Jakarta
PT. Astra Internasional. 1983. Manual Book Daihatsu Type G11. Jakarta
https://otomotifmobil.com/2014/10/arti-dan-maksud-angka-108-kpa-atau-1-1-pada-tutup-radiator.html



Komentar

Posting Komentar