Service berkala 20.000 km pada mobil xenia all new 2015
LAPORAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN ( PKL )
JUDUL LAPORAN
SERVICE BERKALA
20.000 KM
PADA MOBIL ALL NEW
XENIA TAHUN 2015
DISUSUN
OLEH :
NAMA : RAHMAD EFENDI
KELAS : XI TKR A
NIS : 11549
SEKOLAH
MENENGAH
KEJURUAN NEGERI 5 BANJARMASIN
(
TEKNIK KENDARAAN
RINGAN )
TAHUN
PELAJARAN
2017-2018
HALAMAN
PENGESAHAN
SMK NEGERI 5 BANJARMASIN
MENGETAHUI / MENYETUJUI :
KEPALA PROGRAM STUDI PEMBIMBING
SEKOLAH
OTOMOTIF
HARYONO.ST
DRA. ROMAULI SILITONGA
NIP: 19691222 199303 1007 NIP: 19670517199703 2002
KEPALA SEKOLAH
SMK NEGERI 5
BANJARMASIN
NIP: 19671231 199203 1050
LEMBARAN
PENGESAHAN PERUSAHAAN
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
SMK NEGERI 5 BANJARMASIN
PT. ASTRA INTERNASIONAL
DAIHATSU TBK
PERIODE 16 OKTOBER 2017 – 02
FEBRUARI 2018
Di periksa oleh pembimbing dan telah disahkan
Pada tanggal bulan 2018
FORMAN
PEMBIMBING PERUSAHAAN
RIZA
PERMANA SAIFI
KEPALA BENGKEL
YOHANES HANDY DWI
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat
Allah swt, yang telah memberikan rahmat
dan karunianya .dan sehingga saya dapat
menyelesaikan laporan kerja peraktek lapangan saya (PKL). Periode 16 oktober 2018 s/d 02 Februari
2018.
Dalam
membuat laporan ini masih banyak kekurangan atau kesalahan. hal ini keterbatasan,
kemampuan,pengetahuan, pengalaman yang saya
miliki. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritikan dan saran demi perbaikan
kesempurnaan laporan saya ini. Semoga
apa yang saya buat dalam laporan ini
dapat di mengerti oleh semua orang dan dapat bermanfaat.
Sehubung tidak lepasnya PKL. ini tidak terlepas dari bantuan
dan dorongan dari secara moral dan material.dan
oleh karna itu saya sangat berterima kasih, yang sebesar besarnya kepada semua
guru termasuk guru bengkel dan saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya
kepada :
1. Bapak Drs.Syahrir,MM selaku kepala sekolah SMKN5
Banjarmasin
2. Bapak
Haryono ,ST selaku ketua program studi T. Mek Otomotif
3. Ibu
Romauli Silitonga selaku prmbimbing PKL
4. Bapak
Yohanes Handy Dwi selaku pimpinan PT. Astra Internasional Daihatsu Tbk
5. Bapak Alan Rifani selaku wali kelas
6. Dan
semua pihak yang telah membantu saya dan mendukung dalam membuat laporan saya ini.
Semoga kehadiran laporan saya ini, tak
luput dari bimbingan dari berbagai pihak.kepada semua pihak masyarakat industri
. Mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan laporan ini terima kasih.
PENULIS
RAHMAD EFENDI
DAFTAR ISI
HALAMAN
LEMBARAN JUDUL ............................................................................................. i
PENGESAHAN SEKOLAH ................................................................................... ii
PENGESAHAN INDUSTRI ................................................................................... iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................. iv
DAFTAR ISI ............................................................................................................ v
DAFTAR GAMBAR............................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar
belakang PKL ........................................................................................ 1
B.Tujuan PKL...................................................................................................... 2
C.Manfaat PKL................................................................................................... 2
D.Waktu dan
tempat pelaksanaan ...................................................................... 3
E.Tata tertib
siswa pkl ......................................................................................... 4
BAB II GAMBARAN
UMUM JADI PERUSAHAAN
A.Sejarah
Perusahaan.......................................................................................... 5
B.peraturan perusahan ........................................................................................ 6
C.Struktur perusahaan ........................................................................................ 7
BAB III PEMBAHASAN
A.Landasan
Teori .............................................................................................. 9
B.Langkah
Kerja................................................................................................ 23
BAB IV PENUTUPAN
A.Kesimpulan.
.................................................................................................. 42
B.Saran-Saran ................................................................................................... 45
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
3.1 Pemeriksaan tali kipas ........................................................................... 23
Gambar
3.2 Menguras oli mesin................................................................................. 23
Gambar
3.3 ganti saringan oli mesin.......................................................................... 24
Gambar
3.4 periksa cairan pendingin mesin............................................................... 25
Gambar 3.5 ganti busi............................................................................................... 25
Gambar
3.6 periksa baterai ........................................................................................ 26
Gambar
3.7 periksa saringan udara............................................................................ 26
Gambar
3.8 periksa pedal kopling.............................................................................. 27
Gambar
3.9 pedal rem dan fungsi rem parker............................................................ 28
Gambar
3.10 periksa kanvas dan tromol rem............................................................. 29
Gambar
3.11 periksa pad – pad piringan rem............................................................ 30
Gambar
3.12 periksa minyak rem............................................................................... 31
Gambar
3.13 periksa minyak power steering............................................................. 32
Gambar
3.14 periksa side slip.................................................................................... 33
Gambar
3.15 periksa ball joint dan penutup debu..................................................... 34
Gambar
3.16 periksa oli gigi differensial................................................................... 35
Gambar
3.17 periksa oli transmisi manual.................................................................. 35
Gambar
3.18 periksa kondisi ban dan tekanan udara................................................ 38
Gambar
3.19 periksa kecukupan isi cairan air conditioner/pendingin udara.............. 40
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG PKL
Pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana dan proses agar secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan. Salah satu usaha
dalam melaksanakan pendidikan adalah adanya sekolah, dan dalam hal ini adalah
SMK.
Sekolah Menengah Kejuruan adalah
sebuah Lembaga Pendidikan Menengah Atas, yang memiliki kegiatan-kegiatan di bidang
pendidikan yang mengarah kepada keterampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan di
bidang kejuruan yang bertujuan agar siswa dapat memiliki keterampilan dan
keahlian untuk memasuki dunia usaha Lapangan atau dunia kerja.
Maka dari itu, setiap Sekolah
Menengah Kejuruan dianjurkan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) untuk memperkenalkan siswa pada dunia kerja yang nyata,
juga untuk mempersiapkan siswa agar dapat bersaing di dunia Lapangan.
Karena PKL merupakan salah
satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program
pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui
kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian
tertentu.
Dunia kerja yang sekarang
tengah berkembang adalah dunia Lapangan di
bidang otomotif
seperti bidang jasa perbaikan, dan perawatan
( servis ) pada kendaraan. Oleh
karena itu,
siswa – siswa lulusan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR ) di SMK sangatlah dibutuhkan oleh
dunia Lapangan.
Salah satu Lapangan di bidang otomotif.
B. TUJUAN PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
1. Menghasilkan tenaga kerja yang
berkualitas dan memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan dan
keterampilan kerja sesuai dengan tuntutan lapangan kerja;
2. Dapat mengetahui perbedaan antara lingkungan
Dunia Usaha/Lapangan dengan lingkungan Sekolah;
3. Meningkatkan efisiensi proses
pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas;
4. Memberikan pengalaman dan
penghargaan terhadap siswa akan pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan;
5. Mampu untuk mengamalkan ilmu yang telah di dapat selama di bangku sekolah;
6.
Memperoleh
pengalaman bekerja langsung di tempat kerja sesuai kompetensi dasar jurusan;.
C. MANFAAT PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
1. Manfaat
Bagi Siswa
Manfaat
Praktek Kerja Lapangan bagi siswa yakni terbentuknya kemitraan selama mengikuti
program Praktek Kerja Lapangan itu sendiri, sehingga menjadi modal peluang
dimasa depan sebagai persiapan membangun karier dibidangnya.Selain itu juga
sebagai media penyalur ide, inspirasi, dan menunjukan prestasi pada perusahaan
tempat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Manfaat yang bisa didapat juga
sebagai pengenalan, pemahaman, berbagai aspek suatu perusahaan, seperti: standar kerja, budaya
perusahaan, dan hal positif lainnya yang bermanfaat.
2. Manfaat
Bagi Perusahaan
Manfaat Praktek Kerja Lapangan bagi perusahaan adalah terbentuknya jaringan antara
para siswa, sekolah, dan perusahaan untuk maju dan saling sinergis dengan
tujuan institusi masing-masing. Serta sebagai media pertukaran informasi dibidang teknologi dan aplikasi
keilmuan antara perusahaan sebagai pengguna teknologi dengan sekolah sebagai pengembang studi ilmu
pengetahuan dan teknologi.
3.
Manfaat Bagi Sekolah
Manfaat Praktek Kerja Lapangan bagi
sekolah adalah sebagai perwujudan program keterkaitan dan kesepadanan antara
sekolah dengan pihak lapangan. juga sebagai umpan balik penyempurnaan program
Praktek Kerja Lapangan, sistem pembelajaran, menyelaraskan kesepadanan dengan
kebutuhan pemakai / pengguna
lulusan dengan sistem pembelajaran di Praktek Kerja Lapangan. Manfaat
lainnya yakni sebagai bahan referensi bagi pihak sekolah untuk menelaah
efektivitas program pembelajaran yang dijalankan kepada siswa.
D. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan Bertepatan pada tanggal 16 oktober 2017 s/d 02 Februari
2018, lama
pelaksanaan PKL selama 3 bulan yang
Bertempatan di:
Nama Perusahaan : PT ASTRA INTERNASIONAL DAIHATSU
Alamat :
JL. A Yani KM 7,4
Kota : Banjarmasin
Telpon :
.......................
Jam kerja : Senin
S/d jum’at
08.15-16.00 WITA
Sabtu
08.15-16.00 WITA
E. TATA
TERTIB SISWA PKL
1.
Mematuhi
segala peraturan berlaku dalam
perusahaan atau tempat
melaksanakan program PKL
2.
Berada ditempat praktek 15 menit sebelum praktik dimulai,berlaku sopan jujur,
bertanggung jawab,
berinisiatif, kreatif terhadap
tugas- tugas yang diberikan
dalam pkl
3.
Memberikan
salam pada waktu datang dan memohon
diri waktu akan pulang
4.
Memberikan
tahukan kepada pimpinan/pembimbing industri jika berhalangan
hadir atau
bermaksud untuk meninggalkan
tempat praktik
5.
Mentaati
peraturan dalam pengunaan peralatan dan bahan yang akan dipakai
dalam praktik
6.
Melaporkan
dengan segera kepada yang berwenang bila terjadi kerusakan/kesalahan dalam praktik
7.
Membersikan
dan mengatur kembali peralatan dengan rapi seperti semula setelah
melakukan praktik
SISWA DILARANG
1.
Merokok
ditempat praktik
2.
Menerima
tamu pribadi sewaktu
melaksanak an praktik
3.
Mempergunakan pesawat telepon atau peralatan lainnya tanpa
seijin perusahaan
4.
Pindah
tempat kegiatan praktik kecuali atas perintah yang mengatur
kegiatan praktik
SANKSI-SANKSI
1.Peringatan secara lisan
2.Peringatan secara tertulis,
dengan menerapkan sistem poin yang berlaku
sekolah
3.Menambah waktu
atau mengulang
praktik dengan tidak mengganggu kegiatan
proses belajar disekolah apabila kehadiran praktik kurang dari 90%
4.Dikeluarkan dari sekolah
BAB II
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
A.
SEJARAH PERUSAHAAN
ASTRA INTERNASIONAL DAIHATSU
Daihatsu berdiri pada tanggal 1 Maret
1907 daihatsu adalah perusahaan
mobil Jepang tertua, yang dikenal dengan produk mobil-mobilnya yang
berukuran kecil/kompak. Daihatsu
berkantor pusat di Ikeda, Profektur Osaka. Dengan alogan barunya “ we do
compact “, produk-produk lamanya yang
terkenal, antara lain Taft, dihentikan
mulai 2002.
PT. Astra Internasional Daihatsu adalah agen mobil tunggal pemenang merk mobil
Daihatsu di Indonesia. Dan merupakan satu-satunya perusahaan yang berhak
mengimpor, merakit dan membuat kendaraan bermerk Daihatsu di Indonesia.
Merupakan perusahaan joint ventury anatara Daihatsu Motor Company dengan Astra
Internasional yang ada sejak tahun 1978.
·
1973 : PT.
AstraInternasional mendapatkan hak untuk
mengimpor produk Daihatsu
ke Indonesia.
·
1976 : PT.
Astra Internasional ditunjuk sebagai agen tunggal kendaraan, importir dan
distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.
·
1978 :
Didirikan pabrik pengepresan plat baja, PT Astra Daihatsu Indonesia sebagai
perusahaan patungan PT Astra Internasional Daihatsu Motor Co.,Ltd dan Nichiman.
·
1983 :
Didirikan pabrik mesin PT Astra Engine Manufacturing .
·
1987 : PT
Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan importir kendaraan Daihatsu di
Indonesia menggantikan PT Astra Internasional.
·
1992 : PT
Astra Motor didirikan melalui merger 3 perusahaan, yaitu PT Daihatsu Indonesia,
PT Daihatsu Engine Manufacturing
Indonesia dan PT National Astra Motor.
·
1996 :
Didirikan pabrik pengecoran alumanium di KIIC, Karawang, Jawa Barat.
·
1998 :
Pembelian Pabrik perakitan dari PT Gaya Motor. Sejak saat itu ADM memiliki 4
pabrik yaitu, pabrik pengepresan plat baja, pabrik mesin, pabrik pengecoran dan
pabrik perakitan.
·
2004 : Diluncurkan Xenia dan Avanza yang merupakan
produk kolaborasi antara Toyota Astra Motor
dan Astra Daihatsu Motor.
·
2005 :
Produksi Astra Daihatsu Motor yang ke 1
juta kendaraan.
·
2006 :
Meluncurkan Rush dan Terios yang
merupakan produksi kolaborasi kedua antara Toyota dan Daihatsu.
·
2007 :
Peningkatan kapasitas produksi menjadi 211.000.00 unit per tahun sekaligus
memperinganti ulang tahun Daihatsu ke 100 tahun
·
2008 :
Ekspor perdana aDaihatsu Grand Max ke Jepang.
·
2013 :
Produksi Astra Daihatsu Motor yang ke 3 juta kendaraan adalah Avanza dan
Xenia peluncuran kendaraan LCGC Ayla dan
Agya bentuk kolaborasi ketiga Daihatsu dan Toyota.
·
2016 :
Peluncuran kendaraan MPV LCGC Sigra dan Calya bentuk kolaborasi keempat
Daihatsu dan Toyota, dan peluncuran pick
up kecil yaitu Daihatsu Hi-Max.
B.PERATURAN
PERUSAHAAN/ KEBIJAKAN PRUSAHAAN
1.Disiplin sikap dan waktu
2.Melaksanakan peraturan perundang lingkungan hidup,kesehatan, keselamatan
Dengan cara ikut berperan aktif
dalam melaksanakan LK3 secara terorganisasi
Dan terus-menerus
3.Mengutamakan keselamatan kerja dan kesehatan kerja
4.Menyelesaikan tugas sehari-hari secara
konsisten sesuai dengan tugas dan
tanggung jawabnya,
agar tidak menimbulkan
penyakit akibat
kerja serta
kecelakaan kerja
5.Ikut memelihara keseimbanagan ekosistem
dan kelestarian lingkugan
6.Menempatkan membuang limbah hasil proses kerja pada
tempatnya , agar kita
mampu mencegah
dan menanggulangi
pencemaran lingkungan
·
VISI
Perusahaan
Menjadi
dialer Daihatsu terbaik di seluruh kota dan kabupaten
·
MISI
Perusahaan
Memberikan
pelayanan yang
terbaik bagi pelanggan
BAB III
PEMBAHASAN
A. LANDASAN TEORI
SERVICE BERKALA
Service berkala adalah ....
Dalam hal perawatan kendaraan dikenal juga yang dinamakan service berkala,
Service berkala adalah suatu kegiatan service yang dilakukan secara berkala
dan sudah ter-jadwal-kan dalam suatu kurun waktu yang relatif cukup lama atau
setelah melewati beberapa kali melakukan service rutin.
Service berkala perlu sekali dilakukan walaupun kendaraan masih dalam
keadaan fit, dan seakan-akan tidak ada masalah.
Karena tujuan dilakukan service berkala adalah untuk mengganti beberapa
atau sebagian komponen penting kendaraan yang sudah waktunya diganti, sebelum
terjadi kerusakan lain yang mungkin juga bisa berakibat fatal pada mesin
kendaraan.
Dalam melakukan service berkala biasanya juga di ukur dengan jumlah jarak
tempuh atau kilometer yang sudah dilaluinya.
Jumlah jarak tempuh yang diperlukan kendaraan untuk dilakukannya service
berkala tidak selalu sama pada tiap kendaraan, hal ini dipengaruhi oleh
karakter mesin kendaraan itu sendiri, jenis dan kualitas komponen yang
digunakan, serta desain mesin.
Akan tetapi jenis komponen yang harus diganti pada saat melakukan service
berkala pada dasarnya hampir sama pada tiap kendaraan, karena pada dasarnya
hampir semua mesin mobil memiliki cara kerja yang sama. Adapun
perbedaannya hanya terletak pada modifikasi dan inovasi tiap merk saja
yang berlainan, tapi itu hanya sebagian kecil saja, dalam arti tidak ada
perubahan pada prinsip dasar kerja mesin.
Manfaat servis
berkala
Berikut ini adalah manfaat
yang Anda dapatkan apabila kendaraan Anda dilakukan perawatan berkala secara
teratur :
1. Kondisi kendaraan akan selalu dalam performa
maksimal
Seiring pemakaian kendaraan, ada komponen dari kendaraan yang mengalami perubahan dan keausan. Seperti misalnya kampas rem yang semakin tipis, busi menjadi aus, saringan udara menjadi kotor dan sebagainya. Pada saat dilakukan perawatan berkala, maka komponen tersebut dibersihkan, atau dilakukan penyetelan. Jika ada part yang sekiranya sudah tidak bisa dipakai akan dilakukan penggantian. Dengan demikian performa kendaraan akan selalu dalam titik maksimal.
Seiring pemakaian kendaraan, ada komponen dari kendaraan yang mengalami perubahan dan keausan. Seperti misalnya kampas rem yang semakin tipis, busi menjadi aus, saringan udara menjadi kotor dan sebagainya. Pada saat dilakukan perawatan berkala, maka komponen tersebut dibersihkan, atau dilakukan penyetelan. Jika ada part yang sekiranya sudah tidak bisa dipakai akan dilakukan penggantian. Dengan demikian performa kendaraan akan selalu dalam titik maksimal.
2. Berkendara menjadi lebih nyaman dan aman
Dengan dilakukannya perawatan berkala secara rutin, maka dapat diketahui kondisi kendaraan yang sebenarnya secara menyeluruh. Hal ini penting karena pada kendaraan terdapat berbagai sistem yang saling terkait. Misalnya jika diketahui sistem rem bekerja dengan baik, maka Anda tidak was-was dalam mengendarai kendaraan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman sampai tempat tujuan.
Dengan dilakukannya perawatan berkala secara rutin, maka dapat diketahui kondisi kendaraan yang sebenarnya secara menyeluruh. Hal ini penting karena pada kendaraan terdapat berbagai sistem yang saling terkait. Misalnya jika diketahui sistem rem bekerja dengan baik, maka Anda tidak was-was dalam mengendarai kendaraan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman sampai tempat tujuan.
3.Mengurangi pembebanan biaya yang lebih besar
Saat servis berkala, dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh mengenai kondisi kendaraan. Apabila ditemukan ada komponen yang sudah rusak dan harus segera dilakukan penggantian, maka biasanya pihak bengkel akan memberikan informasi dan permintaan persetujuan. Hal ini adalah deteksi awal sebelum kerusakan menjadi lebih besar dan lebih banyak. Dengan mengetahui kondisi tersebut, maka Anda bisa mengatur pengeluaran terkait penggantian komponen yang rusak.
Saat servis berkala, dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh mengenai kondisi kendaraan. Apabila ditemukan ada komponen yang sudah rusak dan harus segera dilakukan penggantian, maka biasanya pihak bengkel akan memberikan informasi dan permintaan persetujuan. Hal ini adalah deteksi awal sebelum kerusakan menjadi lebih besar dan lebih banyak. Dengan mengetahui kondisi tersebut, maka Anda bisa mengatur pengeluaran terkait penggantian komponen yang rusak.
4. Mengurangi resiko kendaraan tiba-tiba mogok
diperjalanan
Ketika kendaraan tiba-tiba mogok saat perjalanan merupakan hal yang tidak diinginkan. Hal ini akan lebih susah jika kita tidak mengetahui sistem di kendaraan. Ada banyak hal yang menyebabkan kendaraan tiba-tiba tidak bisa dijalankan. Seperti kondisi aki sudah lemah, sistem pengisian tidak normal, plat kopling sudah habis, aliran bahan bakar tidak lancar dan sebagainya. Apabila kendaraan dilakukan perawatan berkala, maka hal-hal tersebut diatas dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok dapat dikurangi.
Ketika kendaraan tiba-tiba mogok saat perjalanan merupakan hal yang tidak diinginkan. Hal ini akan lebih susah jika kita tidak mengetahui sistem di kendaraan. Ada banyak hal yang menyebabkan kendaraan tiba-tiba tidak bisa dijalankan. Seperti kondisi aki sudah lemah, sistem pengisian tidak normal, plat kopling sudah habis, aliran bahan bakar tidak lancar dan sebagainya. Apabila kendaraan dilakukan perawatan berkala, maka hal-hal tersebut diatas dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok dapat dikurangi.
5. Umur kendaraan menjadi lebih lama
Apabila kendaraan dirawat secara rutin, maka resiko akan adanya kerusakan yang lebih besar dapat dikurangi. Hal ini menjadikan umur kendaraan menjadi lebih lama.
Apabila kendaraan dirawat secara rutin, maka resiko akan adanya kerusakan yang lebih besar dapat dikurangi. Hal ini menjadikan umur kendaraan menjadi lebih lama.
6. Bagi kendaraan baru
merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan claim warranty
Secara umum, bagi pemilik kendaraan baru, apabila masih dalam masa warranty ditemukan kerusakan pada kendaraan, maka pihak dealer akan melakukan penggantian part secara gratis baik part maupun jasa. Tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan agar claimnya bisa diterima. Misalnya tidak melakukan modifikasi pada kendaraan, penggunaan kendaraan normal dan harus melakukan servis rutin di bengkel yang ditunjuk oleh dealer. Adapun syarat diterimanya warranty dan lama periode kendaraan tersebut dijamin waranty berbeda-beda tergantung merk dan produsen kendaraan. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke dealer tempat anda membeli kendaraan tersebut.
Secara umum, bagi pemilik kendaraan baru, apabila masih dalam masa warranty ditemukan kerusakan pada kendaraan, maka pihak dealer akan melakukan penggantian part secara gratis baik part maupun jasa. Tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan agar claimnya bisa diterima. Misalnya tidak melakukan modifikasi pada kendaraan, penggunaan kendaraan normal dan harus melakukan servis rutin di bengkel yang ditunjuk oleh dealer. Adapun syarat diterimanya warranty dan lama periode kendaraan tersebut dijamin waranty berbeda-beda tergantung merk dan produsen kendaraan. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke dealer tempat anda membeli kendaraan tersebut.
7. Mematuhi persyaratan peraturan
yang berlaku
Secara umum, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan untuk bisa mengemudikan kendaraan dijalan umum. Seperti misalnya untuk menekan tingkat polusi di suatu kota, ada aturan yang mewajibkan pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi baik di dealer yang ditunjuk maupun di instansi pemerintah. Apabila kendaraan tidak dilakukan perawatan yang teratur, pasti akan sulit memenuhi aturan tersebut.
Secara umum, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan untuk bisa mengemudikan kendaraan dijalan umum. Seperti misalnya untuk menekan tingkat polusi di suatu kota, ada aturan yang mewajibkan pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi baik di dealer yang ditunjuk maupun di instansi pemerintah. Apabila kendaraan tidak dilakukan perawatan yang teratur, pasti akan sulit memenuhi aturan tersebut.
Langkah-langkah
service berkala pada kendaraan xenia
all new adalah sbb :
1.Pemeriksaan tali kipas (
Standar Defleksi : 7-11 mm)
2.Ganti oli mesin (API service berkode SM 10W-4 Castrol Magnatec)
3.Ganti
saringan oli mesin ( Sakura Part number : 15601-BZ010-001 )
4.Periksa cairan pendingin mesin
5.Ganti busi-busi (standar busi DensoXU22PR9 celah 0.8-0.9 mm)
6.Periksa baterai
7.Periksaa saringan pembersih udara
( standar Sakura kode A-3312 )
8.Periksa
pedal kopling ( standar jarak bebas berkisar
15-25 mm )
9.Periksa pedal rem dan fungsi rem parkir
(jarak pedal dari lantai 6. 150,9 mm)
10.Periksa kanvas
dan tromol rem
11.Periksa pad-pad dan piringan
rem
12.Periksa minyak rem
(
standar astra Daihatsu DOT-3 )
13.Periksa minyak power steering
14. Periksa boot drive shaft
15.Periksa side slip
16.Periksa ball joint dan penutup debu
17.Periksa oli gigi differensial (
standar kekentalan 80-90 W )
18.Periksa oli transmisi manual
( standar kekentalan 80-90 W )
19.Periksa kondisi ban-ban dan tekanan pemompanya
(termasuk ban serap)
20.Rotasi dan balance
21.Periksa lampu-lampu,klakson,penghapus dan pembasuh
kaca depan
22.Periksa kecukupan isi cairan air condititoner atau
pendingin udara
1.Periksa semua
tali kipas
Menyetel
defleksi Van Belt :
·
Siapkan Spring Scale
dan penggaris
·
Pasang vanbelt pada
puli
·
Letakkan ujung
penggaris pada sisi van belt
·
Tarik van belt
menggunakan spring scale dengan tekanan 10 kg
·
Baca defleksi van
belt pada penggaris ( Standar Defleksi : 7-11 mm)
·
Apabila kurang atau
lebih, maka setel dengan menggerakkan
alternator keatas atau kebawah, seteleh selesai kencangkan kembali alternator
2.Ganti oli mesin
Oli mesin Xenia memerlukan 3 liter oli setiap pengggantian
oli servis dan jika filter oli juga diganti olinya jadi 3,5 liter . Dan
pada xenia all new spek olinya memakai API service berkode SM 10W-40 memakai Castrol Magnatec, Mengganti oli mesin kurang lebi h 6 bulan dari
pertama servis
3. Ganti saringan
oli mesin
·
Filter oli Xenia / Avanza :
·
Sakura
·
made in Indonesia
·
Part number : 15601-BZ010-001
·
Cocok untuk xenia, Avanza, Terios,
Rush .gran max,luxio Agya dan ayla
4.Periksa cairan
pendingin mesin
Buka tutup radiator yang terdapat
di atas radiator lalu buang sedikit airnya dengan membuka baut pembuangan yang
berada di bagian bawah. Buang air radiator sekitar 300 ml. Kencangkan
baut pembuangan tadi lalu tuangkan
radiator flush melalui lubang masuk dibagian atas. Pasang tutup radiator dan
hidupkan mesin kurang lebih 10 menit. Hal ini bertujuan agar saluran pendingin
radiator bersih.
jika katup radiator diberi tekanan tertentu maka dia harus segera membuka. Lihat berapa
tekanan yang tertulis pada tutup radiator, misal saja 0,9 bar. Maka di tekanan
0,9 bar ini katup tekan pada tutup
radiator harus membuka, ciri membuka adalah tekanan akan turun dengan sendirinya pada tekanan 0.9.
5.Ganti busi-busi
Meskipun terindikasi cuma satu busi
yang rusak, lebih baik mengganti semua busi. Mesin ini menggunakan busi Denso
XU22PR9 . Supaya tidak salah beli busi, bawa busi lama ke toko sparepart.
Terakhir saya beli untuk merk Denso satu harganya 22,5 ribu, berarti total
empat harganya 90 ribu. Perhatikan gap elektroda busi, anjuran pabrik adalah
0.8-0.9 mm. Busi baru bisa langsung dipasang, jangan sampai jatuh, semisal
jatuh harus dipastikan jarak gap elektroda.
6.Periksa baterai
·
Bandingkan
ketinggian cairan di setiap sel. Dengan
melihat ke dalam lubang angin, Anda dapat melihat ketinggian elektrolit
masing-masing sel. Setiap sel seharusnya memiliki jumlah cairan yang sama
7.Periksa saringan
pembersih udara
·
Lepas
filter dari tempatnya
·
Lakukan penyemprotan
dengan udara yang bertekaan rendah
·
Periksa
kondisi filter udara
·
Usah
kan bersihkan tempat filter udara dari kotoran dan debu
Pasang kembali filter
padah wadah
8.periksa tinggi pedal kopling
Free Play atau jarak bebas adalah jarak pedal kopling tidak bermain ketika di tekan dari atas. Ketinggian jarak bebas ini normalnya berkisar 15-25 mm (1,5-2,5 cm), cara mengukurnya yaitu dengan menekan dengan lembut pedal kopling dengan menggunakan jari tangan sampai adanya terasa sedikit tahanan, itulah yang dinamakan jarak bebas atau free play.
9.Periksa pedal rem
dan fungsi rem parkir
Ketinggian pedal rem dari lantai:
6. 150,9 mm (15,090 cm.)
Kencangkan kunci mur clevis.Momen: 26 N*m{ 265 kgf*cm ,
19 ft.*lbf
Periksa ketinggian pedal rem
Ketinggian pedal rem dari
lantai:
150,9 mm (15,090 cm.)
Bila
ketinggian pedal tidak benar, setel pedal
10.
periksa kanvas dan tromol rem
Kampas rem
belakang Original Corolla
Twincam, Great, All New
AE92,
AE101, AE111,112 tahun 1988 - 2000
UKUR PELAPIS SEPATU REM (KAMPAS
REM)
Ketebalan minimum : 1,0 mm (0,039 in).
Ketebalan standar : 6,0 mm (0,236 in).
UKUR DIAMETER DALAM TROMOL REM
Diameter maksimum : 230,6 mm (9,079 in).
Diameter standar : 228,6 mm (9,000 in).
Bila tromol rem tergores atau aus, tromol rem dibubut sampai pada batas
diameter maksimum.
Hasil : Ketebalan kampas dan diameter tromol masih dalam kondisi
Standar/baik
11. Periksa pad-pad
dan piringan rem
Kanvas Rem Depan Original
Xenia F600, F601,02, F651,52 tahun 2004-2014
Rush F700 tahun 2006-2014
04465-BZ010
Bersihkan permukaan
rotor piringan dengan menggunakan kain lap.
Ukur tebal rotor
piringan. Jika kurang dari minimum, rotor harus diganti baru
12.Periksa minyak
rem
Pastikan bahwa Anda memang membutuhkan tambahan
minyak rem sebelum melanjutkan proses ini. Kebanyakan wadah minyak rem
seharusnya memiliki tanda garis “minimum” dan “maximum”
13.periksa minyak
power steering
14
.periksa ball joint dan penutup debu
Sealed" Ball Joint tidak memerlukan
pelumasan tetapi ball joint standar harus dilumasi dari waktu ke waktu.
Pemeriksaan ball joint standar minimal dilakukan setahun sekali. Meskipun tidak
ada usia yang tepat, ball joint bisa rusak saat mencapai 80.000 mil.
15. Periksa oli
gigi differensial
Beda dengan transmisi otomatis xenia yang tidak
membutuhkan perawatan, transmisi manual
xenia membutuhkan penggantian oli transmisi tiap 40 ribu kilometer, termasuk
dengan penggantian oli gardan.
Konstruksi yang sederhana seperti transmisi manual mobil lain pada umumnya, berimbas pada biaya perawatan yang juga lebih murah. kapasitas total oli transmisi yang dibutuhkan hanya mencapai 2,5 liter, tapi tetap harus membeli oli sebanyak 3 liter tentunya.
Konstruksi yang sederhana seperti transmisi manual mobil lain pada umumnya, berimbas pada biaya perawatan yang juga lebih murah. kapasitas total oli transmisi yang dibutuhkan hanya mencapai 2,5 liter, tapi tetap harus membeli oli sebanyak 3 liter tentunya.
Begitu juga dengan oli gardan yang berkapasitas 2,5 liter.
Apalagi rekomendasi minimum cuma mensyaratkan oli dengan SAE 80W90 untuk
transmisi, dan SAE 90 untuk gardan yang membutuhkan oli dengan spesifikasi lebih
kental.
B.LANGKAH KERJA
1. PEMERIKSAAN
SEMUA TALI KIPAS
Periksa kondisi
belt , terutama pada daerah yang kontak langsung dengan pulley.
Periksa
ketegangan belt yang tertera pada buku pedoman pemilik. Jika kebetulan mobil montir mania tidak
memilikinya, maka cara pemeriksaannya cukup mudah.
2.GANTI OLI MESIN
Buka lah baut ini dengan kunci ring atau kunci sok putar lah baut
berlawanan dengan jarum jam
Gambar 3.2 menguras oli mesin
Jika
Anda tidak bisa mengetahui yang mana bak oli dan bak transmisi, coba nyalakan
mesin selama lima sampai sepuluh menit. Baut penutup oli akan terasa panas. Bak
transmisi tidak akan terasa panas
3.GANTI SARINGAN OLI MESIN
Temukan posisi saringan oli
Saringan oli mobil xenia berada pada samping mesin,
Gambar 3.3 mengganti oil filter mesin
4.PERIKSA
CAIRAN PENDINGIN MESIN
Pemeriksaan
air radiator meliputi pemeriksaan kapasitas dan kualitas
air, pemeriksaan terhadap endapan karat atau kotoran di sekitar tutup radiator
atau lubang
pengisian radiator.air radiator pun tidak boleh menggandung
minyak plumas dan kapasitas radiator
Gambar 3.4 periksa cairan pendingin mesin
5.PERIKSA BUSI
BUSI
Lepas kotak filter udara di atas mesin dan ada 3 baut
penahan kotak
Lalu lepas baut yg
menempel pada plug busi dan lepas
soket kabel pada
plug satu persatu lalu
ratik plug busi ,kemudian buka busi dengan kunci busi
Gambar 3.5
periksa busi
Periksalah keadaan busi lama terlihat ada tiga busi yang terlihat kepala busi sempit,
karna tidak mampu
membakar semua
bahan bakar yang masuk dan lebih baik mennggti semua busi,
lalu perhatikan elektroda busi,anjuran pabrik adalah
0,8-0,9 mm.
6.PERIKSA BATERAI
Periksa kondisi kotak baterai
Periksa kebersihan baterai dan terminal baterai
Periksa tegangan baterai
Tutup baterai dan
saluran ventilasi
Gambar
3.6 periksa baterai
7.PERIKSA SARINGAN
PEMBERSIH UDARA
Lepas filter dari tempatnya
Lakukan penyemprotan dengan udara yang bertekan rendah
Periksa kondisi filter udara
Usah kan bersihkan tempat filter udara dari kotoran dan
debu
Pasang kembali filter pada wadah
Gambar 3.7 periksa saringan pembersih udara
8.PERIKSA PEDAL KOPLING
Lakukan
pengukurn untuk memastikan bahwa jarak dari permukaan atas bantalan pedal
(pedal pad) ke firewall adalah nilai standard. Ketinggian pedal kopling dapat
dibaca pada manual service mobil
Gambar 3.8 periksa pedal
kopling
Kendorkan mur pengunci (lock nut)
master cylinder push rod dari kopling (2). Putar push rod (1) dengan tangan
untuk menyetel ketinggian pedal kopling (H) sesuai spesifikasi.
Setelah penyetelan,
kencangkan mur pengunci (lock nut)(2)
Putar baut penghenti (stopper) (3) sampai baut penghenti (stopper)(3) tepat
menyentuh legan pedal kopling. Setel baut penghenti (3) dengan
mengeluarkannya setengah putaran dan ukurlah celah (L) antara lengan pedal
kopling dan baut penghenti (stopper) kopling (3). Kuncilah mur pengunci (lock
nut)(4)
9.PERIKSA PEDAL REM DAN FUNGSI REM PARKIR
Ukur tinggi pedal rem
Ukur jarak antara bagian atas pedal dan lantai, menggunakan
pengaris
Biasanya tinggi pedal rem tidak berubah secara drastis. Lakukan penyetelan
menurut prosedur dibawah ini.
Stel tinggi pedal.
Gambar 3.9 periksaa pedal rem dsn fungsi rem parkir
2.Pada dasarnya sama untuk
tipe rem parkir roda belakang dan tife
center brake
.
Tuas rem parkir ditempatkan
berdekatan dengan tempat duduk pengemudi
10.PERIKSA KANVAS DAN TROMOL
·
Kanvas
Bila ketebalan kampas
kurang dari nilai minimum atau terlihat tanda
10.PERIKSA KANVAS DAN TROMOL
·
Kanvas
Bila ketebalan kampas
kurang dari nilai minimum atau terlihat tanda
keausan yang tidak
merata, gantilah sepatu rem.
Ketebalan minimum : 1,0 mm (0,039 in).
Ketebalan standar :
6,0 mm (0,236 in).
Gambar 3.10 periksa kampas dan tromol
·
Tromol rem
Diameter
maksimum : 230,6 mm (9,079 in).
Diameter standar :
228,6 mm (9,000 in).
Bila tromol rem tergores atau aus,
tromol rem dibubut sampai pada batas diameter
maksimum.
11.PERIKSA PAD-PAD DAN PIRINGAN REM
Gambar 3.11 pad-pad dan piringan rem
·
Buka baut kaliper
· Tarik kaliper dan balikkan ke atas kemudian masukkan baut yang telah lepas
ke dalam plat penahan agar kaliper tidak terjatuh
·
Lalu lihat lah pad-pad nya bila pad
nya terlihat tipis
·
Alangkah baiknya diganti saja
·
Bahan kampas terlalau
keras
·
Kampas rem habis tetep di paksa
·
Keliper rem macet
·
Menginjak pedal rem saat macet
12.PERIKSA MINYAK REM
·
Buka kap mesin
·
Pasang vender cover
·
Cari lah master silinder
·
Periksa cairan pada
tabung itu
·
Tambahkan cairan jika perlu
Gambar 3.12 periksa minyak
rem
13.PERIKSA MINYAK POWER
STEERING
·
Cari tabung oli power
steering
·
Periksa ketinggian oli power steering
·
Periksa sedalam apa dipstick tekanan oli
·
Periksa warna oli
·
Tambahkan oli power steering seperlunya sesuai kondisi mobil anda, sesuai yang ada pada batas dipstick
·
Pasang tutup oli power steering
Gambar 3.13 periksa minyak power steering
14.PERIKSA RODA KEMUDI
a.
Kemudi berat
1.Periksa tekanan ban
2.Periksa steering
systemnya (tinggi minyak, steering linkage, steering gear)
3.Periksa ball join atau king pin
4.Periksa suspension arm
5.periksa tinggi kendaraan
6.periksa wheel aliggment
7.dilihat dari mobilnya
15.PERIKSA SIDE SLIP
Side silp
adalah jumlah selipnya roda depan (kiri dan kanan) ke arah samping saat kendaraan berjalan lurus.Side
slip diukur dengan side slip tester pada saat kendaraan
bergerak lurus dan perlahan.Side slip dinyatakan mm/m,umumnya besar side silp
adalah 0-3 mm.Tujuan
mengukur
side slip adalah untuk menilai wheel alignment secarah keseluruhan,dan
terjadinya side silp terutama disebabkan oleh camber atau toe in.
Gambar 3.14
periksa side slip
16.PERIKSA BALL JOINT DAN PENUTUP
DEBU
Cara mengetahui dan
mengecek apakah ball joint mobil masih layak pakai
ataukah tidak caranya
adalah sebagai berikut :
Gambar 3.15 periksaa ball joint dan penutup debu
Pertama silahkan anda dongkrak
roda depan kendaraan, pasang jackstand
kemudian turunkan dongkraknya.Pegang sisi sisi roda pada bagian atas dan
bagian bawah, kemudian goncang-goncangkan roda tersebut ke arah luar dan dalam,
bila terdapat bunyi atau adanyaspasi atau roda tersebut goyang, cobalah meminta
bantuan teman untuk menginjak pedal rem mobil dan ulangi pengecekan dengan cara yang sama.
Bila setelah di injak rem dan
dilakukan pengecekan ulang ternyata kocak nyahilang bisa dipastikan bahwa yang rusak hanyalah bearing rodanya. Namun
jika baik rem di injak maupun tidak dan dilakukan pengecekan ternyata hasilnya
samasudah bisa dipastikan ball joint telah mengalami kerusakan dan harus sebaiknya
dilakukan penggantian.
17.PEMERIKSAAN OLI GIGI
DIFFERENSIAL
Oli gardan dan transmsi pasti
bagus, tapi tingkat kekentalanya yang
berbeda jadi tetap butuh penggantiaan
Cara pengecekan masukan jari kelubang transmisi /gardan ketika jarimu Masih nyentuh oli barti olinya
masih di level up, kemudian cek warna dan kekentalanya.
Gambar 3.16 periksa oli gigi differensial
18.PERIKSA OLI TRANSMISI MANUAL.
- Siapkan kunci no. 10. Kunci T bergagang panjang lebih mudah kita gunakan. Juga obeng min untuk bantuan.
- Perhatikan posisi gigi nanas speedo meter.
Gambar 3.17 periksa oli transmisi
- Lepas baut dengan menggunakan kunci no. 10.
- Congkel pelan-pelan dengan obeng min, bagian baut yang dilepas tadi. Sambil mencongkel, .
- Kemudian lanjutkan dengan memutar ke kiri ke kanan sambil ditarik ke atas.
- Nah, gigi nanas sudah tercabut.
- Lap gigi nanas dengan kain bersih. Lalu celupkan lagi.
- Angkat lagi dan periksa ketinggian oli. Batas atas (maksimum) oli
adalah gigi nanas bagian leher atas.
1.
Untuk oli transmisi, gunakanlah oli SAE 80-90. Bisa menggunakan merk Pertamina
(Rored), maupun merk lainnya sesuai dengan selera.
Kapasitas oli transmisi sesuai dengan manual booknya adalah 2.5 liter.
19.PERIKSA KONDISI BAN-BAN DAN
TEKANAN PEMOMPANYA
1.
Memeriksa tekanan ban pada mobil dan
menyesuaikan tekanannya dengan rekomendasi dari pabrikan mobil. Pada umumnya ukuran tekanan ban yang
dianjurkan oleh pabrik tertera di buku manual atau di bagian pintu mobil.
2.
Lakukan
pemeriksaan ketebalan ban kendaraan. Normalnya ketebalan ban minimum mencapai 1,6 mm.
Cara memastikannya, gunakan koin dan masukkan ke dalam garis ban. Apabila koin
tersebut masuk maka kedalaman tapak ban masih baik.
3.
Periksa ban
secara keseluruhan meliputi ada atau tidaknya benjolan, apakah ada kawat ban yang keluar, begitu seterusnya hingga dipastikan ban tersebut
masih layak digunakan
Gambar 3.18 periksa kondisi ban dan tekanannya
20.ROTASI BAN DAN BALANCE
a.
Tergantung pada pemilik mobilnya
b.
Bila ada keluhan seperti stir mereng kanan atau kiri
21.PEMERIKSAAN SEMUA LAMPU-LAMPU, KLAKSON, PENGHAPUS
DAN PEMBASUH KACA DEPAN
a.
Langkah pemeriksa lampu-lampu
Apa bila bohlam lampu dalam keadaan baik, namun saat di fungsikan tidak menyalal, ada kemungkinan terjadi kerusakan terjadi pada sekring
yang berhubungan dengan lampuny
b.
Langkah pemeriksaan klakson
Tekan tombol klakson perhatikan
baik-baik bunyi yang ditimbulkan bunyi
yang tidak normal menunjukan adanya kerusakan pada klakson
c.
Penghapus dan pembasuh kaca
1)
berikan pelumasan secara rutin di setiap sendi-sendi
wiper, hal ini untuk menjaga agar wiper mobil mudah di gunakan
2)
pembersihan
wiper mobil ada alangkah baiknya dilakukan secara berhati-hati terutama pada
karetnya
3)
lakukan
perggantian karet wiper jika karet wiper mulai rusak atau keras,
ini untuk menjaga supaya kaca agar tetap mulus
22.PERIKSALAH KECUKUPAN CAIRAN
AIR CONDITIONER ATAU
PENDINGIN UDARA
a.
Langkah pengisian
Bila terlihat air conditioner
kurang isi lah ikuti cara-cara di bawa ibi
1)
Sebelum
memasang selang, putarlah handle berlawanan arah jarum jam sampai jarum katupnya tertarik penuh.
2)
Putarlah disc
berlawanan arah jarum jam, sampai posisi habis.
3)
Hubungkan selang warna hijau ke tabung refrigerant.
4)
Putarlah disch
searah jarum jam dengan tangan.
5)
Putarlah handle searah jarum jam untuk membuat lubang, dan putarlah kembali berlawanan arah jarum jam agar
gas dapat mengalir ke selang.
6)
Tekanlah niple
no 4 pada manifold gauge dengan jari tangan sampai udara keluar dari selang tengah.
7)
Bila udara
sudah keluar ( ditandai dengan keluarnya
refrigerant ) tutuplah niple no 4 dengan tutup niple.
Gambar
3.19
periksa kecukupan cairan air conditioner atau pendingin
·
Pengisian
Refrigerant dalam bentuk cair
1)
Balikkanlah tabung refrigerant
menghadap kebawah agar isi refrigerant yang keluar dalam bentuk cair.
2)
Buka katup
tekanan tinggi.
3)
Periksalah kaca
pengintai sampai aliran refrigerant berhenti mengalir dan tutuplah keran.
4)
Amati kedua
pengukur, tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Keduanya harus menunjukkan
tekanan yang sama.
·
Pengisian
Lanjutan :
1)
Baliklah tabung
refrigerant menghadap keatas agar isi refrigerant keluar dalam bentuk gas.
2)
Hidupkan mesin
dan biarkan beberapa menit untuk pemanasan.
3)
Hidupkan switch
AC, dan amati pengukur tekanan manifold gauge tanda merah harus terlihat pada
tekanan tinggi dan tanda biru pada tekanan rendah tetapi tidak vakum.
4)
Buka sedikit
demi sedikit katup manifold gauge warna biru. (besar kecilnya pembukaan
akan mempengaruhi jumlah refrigerant yang mengalir dalam sistem.
5)
Amati gelas
pantau dan bila jumlah gelembung menjadi semakin sedikit dan lembut
menunjukkan bahwa pengisian sudah cukup.
6)
Tutup katup
manifold gauge, dan baca pengukur tekanan rendah 1,5 – 2,0 kg/cm2 dan tekanan
tinggi 14,5 – 15 kg/cm2
BAB IV
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Setelah dilaksanakan praktik
kerja lepangan semlama kurang lebih 4 bulan banyak sekali hal yang telah penulis dapatkan. Program praktik kerja
lapangan dilaksanakan sekolah adalah
merupakan salah 1 bentuk kerja sama antara sekolah dengan dunia usaha / lapangan dalam
r angka pelaksanaan pendidikan
sestem ganda yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Setelah beberapa bulan melakukan Praktik kerja lapangan dapat
penulis simpulkan hal-hal sebagai berikut
:
1.
Praktik kerja lapangan memberikan tambahan pengalaman
yang sangat berarti bagi para siswa
2.
Praktik kerja lapangan dapat meningkatkan kemampuan
kerja, inovasi kerja, inisiatif
kerja, keativitas, produktifitas yang berkualitas dalam kerajinan maupun
dalam bekerja
3.
Pendidikan
kejuruan memegang peran yang sangat penting sekali dalam proses peningkatan kualitas
4.
Setiap pelaksanaan praktik di dunia usaha kita
harus melaksanakan tata tertib dan
ketentuan-ketentuan yang berlaku pada perusahaan tersebut.
5.
Dalam bekerja kita harus mementingkan keselamatan
kerja baik itu keselamatan atau alat maupun keselamatan dalam bekerja yang
dilakukan.
6.
Usahakan setiap pemasangan harus dalam keadaan bersih
dan rapi.
7.
Pembongkaran dan pemasangan harus dilakukan sesuai
dengan urutan dari petunjuk pembongkaran dan pemasangan
8.
Selalu melakukan pemeriksaan secara berkala semua tali kipas, terutama pada
daerah yang kontak langsung denga pulley.
9..ganti oli mesin, buka lah baut ini dengan kunci ring atau kunci sok putar
lah baut berlawanan dengan jarum jam
10.ganti saringan oli mesin,
posisi saringan oli bisa saja tidak sama dengan posisi baut oli, mungkin saja saringan olinya di depan di belakang atau di samping dari
mesin, tergantung dari jenis mobilnya mobilnya
11.Periksa Cairan
Pendingin Mesin, air radiator meliputi pemeriksaan
kapasitas dan kualitas air, pemeriksaan terhadap endapan karat atau
kotoran di sekitar tutup radiator atau lubang pengisian radiator. Air radiator pun tidak boleh menggand
minyak plumas dan kapasitas radiator
12.Periksa busi busi, lepas kotak filter udara di atas mesin dan ada 3 baut penahan kotak,
lalu lepas baut yg menempel pada plug busi dan leepas soket kabel pada
plug satu persatu lalau ratik
plug busi, kemudian buka busi dengan kunci busi
13.Periksa Baterai,
periksa kondisi kotak baterai,
periksa kebersihan baterai
dan terminal baterai,
periksa tegangan baterai ,
tutup baterai dan saluran ventilasi
14.Periksa Saringan Pembersih Udara, lepas filter dari tempatnya, lakukan
penyemprotan dengan udara yang
bertekaan rendah, periksa kondisi filter udara,
usah kan bersihkan tempat filter
udara dari kotoran dan debu, pasang kembali filter padah wadah
15.Periksa Pedal Kopling ,
lakukan pengukuran untuk memastikan bahwa jarak dari
permukaan atas bantalan pedal (pedal pad) ke firewall adalah nilai standard.
Ketinggian pedal kopling dapat dibaca pada manual service mobil
16.Periksa pedal rem
dan fungsi rem parkir, ukur tinggi pedal rem,
ukur jarak antara bagian atas pedal dan lantai, menggunakan pengaris,
biasanya tinggi pedal rem tidak berubah secara drastis. Lakukan penyetelan
menurut prosedur dibawah ini, stel tinggi
pedal.
17.Periksa Kanvas Dan Tromol, Periksa kamvas rem depan, Lepas kamavas
rem dari dudukannya lalu amplas lah permukaan kampas remnya
menggunakan amplas kasar dan gunakan pembersih karbon yang khusus untuk rem
18.Periksa Pad-Pad Dan Piringan Rem, Buka baut kaliper, Tarik kaliper dan balikkan ke atas kemudian masukkan baut yang telah
lepas ke dalam plat penahan agar kaliper tidak terjatuh, lalu lihat lah pad-pad nya bila pad nya terlihat tipis, alangkah baiknya diganti saja
19.Periksa Minyak Rem, buka kap mesin, pasang vender mobil, cari lah
master silinder, periksa cairan pada tabung itu
20.Periksa Minyak Power Steering, Cari tabung oli power steering, Periksa ketinggian oli power steering,Periksa sedalam
apa dipstick tekanan oli
21.Periksa Roda Kemudi berat, Periksa tekanan ban ,Periksa
steering systemnya (tinggi minyak, steering linkage, steering gear)
22.Periksa Side Slip jumlah
selipnya roda depan (kiri dan kanan) ke arah samping saat kendaraan berjalan
lurus.Side slip diukur dengan side slip tester pada saat kendaraan bergerak lurus dan perlahan.
23.Periksa Ball Joint, Cara mengetahui dan mengecek apakah ball joint mobil masih layak pakai ataukah tidak
24.Periksa
Oli Transmisi Manual, lebih mudah kita gunakan. Juga obeng min untuk bantuan. Perhatikan posisi gigi nanas speedo meter.
24.Periksa
Kondisi Ban-Ban Dan Tekanan Pemompanya,
tekanan ban pada mobil dan menyesuaikan tekanannya dengan rekomendasi dari
pabrikan mobil. Pada umumnya ukuran tekanan ban yang dianjurkan oleh pabrik
tertera di buku manual atau di bagian pintu mobil.
B.SARAN-SARAN
Tidak
mengalami dalam pembuatan laporan ini
penulis memberikan saran-saran yang mungkin
bisa
bermaanfaat bagi semua pihak yang
berkaitan dalam praktik kerja lapangan ini
yaitu :
1.Untuk
siswa
a.
siswa sebaiknya selalu rajin dan disiplin kerja pada
praktik kerjaa lapangan
b.
.siswa sebaiknya selalu mentaati peraturan
dan tata tertib yang telah
dibuat/ditentukan oleh perusahaan
c.
siswa hendaknya dapat menguasai salah satu bidang keahlian agar supaya dapat bersaing dengan
yang lain
d.
biasakan bersifat jujur dan hati-hati dalam bekerja utamakan keselamtan kerja
2.Untuk
sekolah
a.
Praktik kerja lepangan mohon tetap dilaksanakan tiap tahun untuk menunjang pendidkan sistem ganda
b.
Guru pembimbing usahakan lebih sering megunjungi
siswa yang PKL agar
siswa dapat konsultasi atas berbagai masalah yang telah ditemukannya
c.
Praktik di sekolahan agar diupayakan lebih banyak
dari pada teori supaya pada saat praktik
di dunia usaha/industri tidak kesulitan.
3. untuk
dunia industri
a.
industri sebaiknya dapat menerima siswa magang
b.
industri sebaiknya dapat memberikan yang terbaik kepada siswa magang
Daftar Pustaka
Daryanto 2004. “ Teknik pemeliharaan
mobil, pemeriksaan, dan perbaikan”, Penerbit : PT. Bumi Aksara
Jakarta.
Service division,1974,
dasar-dasar automobil, penerbit : PT Daihatsu-Astra Motor, Jakarta.
Toyota Astra Motor, 2003, NEW STEP TRAINING
MANUAL, Toyota Astra Motor, Jakarta
PT. Astra Internasional. 1983. Manual Book
Daihatsu Type G11. Jakarta
https://otomotifmobil.com/2014/10/arti-dan-maksud-angka-108-kpa-atau-1-1-pada-tutup-radiator.html
Thx boss
BalasHapusCara Efektif dan Tahap Berhenti Taruhan Online Yuk Gabung Disini aja.. Penuh Dengan Kejutan Bonus Berlimpah Setiap Hari!!!
BalasHapus